LRT Jabodetabek Sudah Mulai, Jakarta Belum

LRT Jabodetabek Sudah Mulai, Jakarta Belum

Selasa, 29 Mar 2016 | 23:02 | Rusmanto
WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo meminta proses pembangunan LRT (Light Rail Transit) di beberapa daerah yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dipercepat. Saat memimpin ratas, Jokowi sempat 'menyentil' Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) karena tak kunjung memulai pembangunan LRT.

"Yang LRT Jabodetabek sudah mulai, Jakartanya yang belum saya mohon laporan gubernur, Palembang sudah mulai, kereta cepat Jakarta-Bandung sudah dimulai," kata Jokowi saat membuka ratas membahas LRT di Kantor Presiden, Jl Veteran, Jakpus, Selasa (29/3/2016). Ratas dihadiri Gubernur Jakarta Ahok, Menko Kemaritiman Rizal Ramli, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menhub Ignasius Jonan dan Mensesneg Pratikno.

Jokowi mengingatkan, pembangunan LRT di Jakarta sangat mendesak untuk segera dimulai. LRT Jakarta nantinya harus terintegrasi dengan MRT, busway dan commuter line.

"Kita harapkan nantinya betul-betul terintegrasi dari MRT, LRT, buswaynya ke bandara dengan commuter line , dengan kereta cepat sambung lagi ke LRT di Bandung Raya," jelas Jokowi.

Presiden mengungkapkan, selama ini secara hitungan kasar, karena kemacetan di Jakarta warga dirugikan senilai Rp 28 triliun tiap tahunnya. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi untuk menunda pembangunan LRT Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Poernama pada Kamis (24/3) mengatakan LRT di Jakarta akan mulai dibangun pada April 2016. Untuk pengembangan ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PT Jakarta Propertindo atau Jakpro, akan menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi seperti PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dan PT Adhi Karya Tbk (ADHI). Rute LRT Jakarta rencananya bakal melalui Bandara Soekarno Hatta, Kelapa Gading hingga Kebayoran Lama.

Sedangkan, LRT Jabodetabek memiliki rute Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang dan Cawang-Dukuh. LRT Jabodetabek telah groundbreaking pada tanggal 9 September 2015. Selain itu, Palembang juga sedang menggarap proyek LRT dan sudah tahap pembangunan. Proyek pembangunan kereta ringan ini untuk menyambut Asian Games 2018.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...