Luhut: Ikuti Saran Epidemiolog
detikcom

Luhut: Ikuti Saran Epidemiolog

Selasa, 12 Okt 2021 | 08:30 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berbicara cara Indonesia mengendalikan pandemi COVID-19 di Tanah Air. Luhut pun mengungkap rahasia Indonesia dapat meredam lonjakan kasus secara cepat.

"Itu terkoordinasi dengan arahan presiden yang jelas, buktinya kita paling cepat. Singkatnya, naiknya dan turunnya kita tuh paling singkat dibandingkan negara mana saja. Nggak usah jauh-jauh, Singapura dengan India. Kalau saya agak sombong dikit boleh lah, walaupun ini belum selesai saya hanya bicara sekarang. Per hari ini dari semua data itu mungkin yang paling baik," kata Luhut dalam wawancara eksklusif bersama CNN Indonesia TV, seperti dilihat Selasa (12/10/2021).

Kenapa itu bisa terjadi? Luhut mengungkap bahwa Indonesia dapat mengatasi lonjakan kasus COVID-19 dengan cepat tak lepas dari peran para epidemiolog di Tanah Air.

"Karena teman-teman epidemiologi itu juga seperti Pak Pandu Riono, Pak Iwan, Pak Hari, Pak Windhu, itu yang dari UGM, dari Unair, dari UI, mereka hebat-hebat, mereka membuat formula itu. Saya kan hanya tiru itu saja, mereka bisa meyakinkan saya bahwa itu benar, ya kita laksanakan," ucap Luhut.

Lalu, Luhut menceritakan terkait bahwa dirinya menugaskan Epidemiolog Universitas Airlangga Windhu Purnomo untuk memantau penanganan COVID-19 di Blitar. Menurutnya, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa Blitar akan menjadi role model daerah lain untuk penerapan PPKM level 1.

"Blitar kan Presiden minta supaya kita coba, karena level 1 bisa nggak hampir normal. Jadi di sana itu cuma masker aja, kegiatan lain semua kita coba normal. Sekarang sudah jalan berapa hari mulai Rabu kemarin, sekarang Jumat. Itu saya tadi malam di Timika dilaporin oleh Pak Windu pekerjanya, Dandimnya, Kapolresnya, Bupatinya itu betul-betul bagus. Jadi ini model," ujarnya.

Sebagai pensiunan TNI, Luhut tak suka buru-buru dalam memutuskan sebuah kebijakan. Terlebih soal keputusan PPKM level untuk setiap daerah agar COVID-19 tak kembali melonjak.

"Saya nggak senang buru-buru, karena kalau tidak nanti kita nggak bisa kontrol. Blitar ini akan menjadi model dan itu keinginan Presiden. Kemarin rapat beliau tanya, kami dikumpulin lagi menteri-menteri terkait dia bilang 'siap nggak Bali dibuka'. Saya bilang, 'siap tanggal 18 kita buka'," pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Luhut Ungkap Rahasia Tangani COVID: Ikuti Saran Epidemiolog"
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...