Lukisan Karya Raden Saleh Dibeli Kolektor Seharga EUR 7,2 Juta
Perburuan Banteng/Raden Saleh

Lukisan Karya Raden Saleh Dibeli Kolektor Seharga EUR 7,2 Juta

Jumat, 2 Feb 2018 | 06:39 | Rusmanto

WinNetNews.com - Salah satu lukisan karya Raden Saleh boleh jadi menjadi benda seni dari Indonesia termahal yang dilelang di Prancis. Lukisan itu terjual 7,2 juta euro atau sekitar Rp 119,9 miliar.

Lelang dimenangkan oleh seorang kolektor seni asal Indonesia. Siapa dia? Identitasnya tidak disebutkan alias tidak diketahui.

Lelang lukisan Perburuan Banteng (Banteng Hunt) atau La Chasse au Taureau Sauvage itu digelar pada akhir pekan lalu di Vannes Prancis. Harga awal pelelangan lukisan itu adalah 200 ribu euro.

Juru Lelang Jack-Philippe Ruellan mengatakan ada setidaknya 12 peminat yang mengikuti lelang, dua di antara para peminat itu hadir di lokasi lelang. Di antara peserta lelang adalah Museum Pasifika di Bali.

"Kami mulai dari 200 ribu euro dan dalam 30 detik kami sudah sampai di angka 1,5 juta euro. Ini adalah rekor bagi lukisan Raden Saleh dan Indonesia," kata Jack-Philippe Ruellan dilansir straitstimes, Kamis (1/2/2018).

Ruellan mengatakan, proses lelang berjalan sangat cepat. Dan akhirnya lelang dimenangkan oleh orang Indonesia yang mengikuti lelang melalui email.

Lukisan yang ditemukan di Prancis, Agustus 2017 itu terjual dengan harga yang fantastis. Mengalahkan lukisan Raden Saleh The Deer Hunt yang terjual 1,5 juta euro di Balai Lelang Christie's Singapura pada 1996 .

Lukisan Banteng Hunt menggambarkan aksi heroik tentang perburuan binatang banteng di abat 19. Seperti beberapa karya yang lain, Raden Saleh juga 'melukis diri' di dalam lukisan ini.

Raden Saleh tampil sebagai penunggang kuda di sebuah upacara perburuan hewan. Lukisan ini dipercaya dibuat dan diselesaikan oleh Raden Saleh pada tahun 1855. (detikcom)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...