Lutut Terasa Nyeri? Coba Atasi dengan Beberapa Hal Berikut
ilustrasi

Lutut Terasa Nyeri? Coba Atasi dengan Beberapa Hal Berikut

Rabu, 22 Jan 2020 | 19:44 | Rusmanto
Winnetnews.com - Nyeri lutut adalah kondisi yang sering diderita orang-orang dari segala usia. Nyeri lutut dapat disebabkan oleh cedera, seperti pecahnya ligamen atau robeknya tulang rawan. Kondisi medis juga menjadi penyebabnya, termasuk radang sendi, asam urat dan infeksi. Kondisi ini cukup mengganggu aktivitas, untuk itu segera cari cara menghilangkan nyeri lutut, baik secara alami maupun medis. Apa saja caranya? Baca terus untuk mendapatkan jawabannya.

Cara Mengobati Nyeri Lutut yang Alami dan Medis

Perawatan nyeri lutut tergantung pada apa yang menjadi penyebabnya, dan berbagai jenis nyeri yang ringan dapat merespons baik terhadap pengobatan secara mandiri di rumah. Berikut beberapa cara mengobati nyeri lutut secara alami:

1. Kompres Es

Mengompres nyeri lutut dengan satu kantung makanan beku yang dibungkus plastik dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Anda juga bisa menggunakan kompres es yang dibungkus handuk tipis untuk menghindari radang dingin pada kulit. Meskipun kompres es biasanya aman dan efektif, tetapi jangan menggunakan es lebih dari 20 menit setiap kali penggunaan karena risiko kerusakan pada saraf dan kulit.

2. Kompres Hangat

Selain kompres dingin, kompres hangat juga mampu membantu menghilangkan rasa sakit sementara. Panas juga dapat menenangkan otot dan kelenturan sendi, yang pada akhirnya mengurangi kekakuan sendi.

Cobalah mengompres nyeri lutut menggunakan kain yang dicelupkan kedalam air panas atau botol yang diisi air panas sampai rasa nyeri berkurang. Sebelum menerapkan kompres hangat, cek suhunya dan jangan terlalu panas.

Beberapa orang mungkin menggunakan cara mengobati nyeri lutut ini untuk meningkatkan mobilitas di pagi hari dan mengurangi pembengkakan di kemudian hari.

3. Minyak Atsiri

Minyak atsiri dapat membantu mengurangi rasa sakit. Ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2008. Hasilnya, peneliti menyarankan bahwa memijat menggunakan minyak yang mengandung jahe dan jeruk dapat meringankan rasa sakit sedang hingga berat karena osteoarthritis.

Sementara dalam satu penelitian lainnya, para peneliti menemukan bahwa mengoleskan salep yang mengandung kayu manis, jahe, damar wangi, dan minyak wijen memiliki manfaat yang sama, yakni mengatasi rasa sakit, kekakuan, dan gerakan, seperti menggunakan salep salisilat.

Anda bisa mendapatkan beberapa minyak atsiri yang tersedia secara online, seperti minyak atsiri kayu manis, jeruk dan jahe.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...