Skip to main content

Macam Macam Penyebab Sakit Pundak

sumber foto : istimewa
sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Sakit pundak disebabkan cedera atau penyakit yang menyerang daerah persendian. Lokasi sakit pundak umumnya terjadi di jaringan ligamen, tendon, otot, sendi dan tulang bahu. Tentu saja, nyeri yang ditimbulkan sangat menganggu aktivitas

Menurut informasi yang dirangkum MVoice dari sorang dokter, Radhianie Djan, berdasarkan arah gerak, sendi pundak atau bahu termasuk dalam golongan sendi peluru, yang dapat bergerak ke berbagai arah. Hal ini dapat membuat pundak mudah mengalami cedera. Selain itu, postur tubuh yang tidak tepat serta beberapa kondisi kesehatan dapat menyebabkan sakit pundak.

1. Pundak kaku (frozen shoulder)

Penyebab umum nyeri pundak. Kondisi ini disebut juga adhesive capsulitis. Pundak kaku disebabkan penebalan jaringan yang membentuk kapsul pelindung yang menempel erat di sekitar sendi pundak.

2. Cedera otot dan tendon pada sendi pundak

Kumpulan otot dan tendon yang mengelilingi sendi pundak, disebut juga rotator cuff atau manset rotator. Gejala kelainan manset rotator yaitu nyeri ketika melakukan kegiatan yang berhubungan dengan mengangkat tangan lebih tinggi dari pundak, misalnya ketika keramas.

Selain itu, rasa nyeri muncul ketika menggerakkan tangan dengan sudut berlainan dengan tubuh. Lokasi nyeri umumnya di depan dan samping pundak, dan terasa semakin parah pada malam hari.

3. Bursitis dan Tendinitis

Penggunaan pundak yang terlalu sering dan berlebihan, akan menyebabkan peradangan pada bursa (bursitis), yaitu kantung berisi cairan di sekeliling persendian yang berfungsi sebagai pelumas. Kondisi ini umumnya akan menimbulkan rasa sakit saat melakukan aktivitas sehari-hari seperti menyisir rambut dan mengenakan pakaian.(Der/Yei)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top