MacBook Akan Gunakan Prosesor Buatan Sendiri, Saham Intel Merosot

Rusmanto
Rusmanto

MacBook Akan Gunakan Prosesor Buatan Sendiri, Saham Intel Merosot ilustrasi

WinNetNews.com - Apple disebut tak lagi menggunakan chip prosesor dari Intel untuk lini produk Mac-nya pada awal 2020, dan informasi ini langsung berdampak pada Intel.

Perpindahan penggunaan chip prosesor dari Intel ke chip bikinan Apple sendiri ini akan dimulai pada MacBook 12 inch. Dan tak lama setelah kabar ini beredar, nilai saham Intel langsung merosot.

Pasalnya, saat ini setidaknya 5% dari pemasukan tahunan Intel berasal dari Apple. Meski perlu dicatat juga, komponen di produk Apple yang dibuat oleh Intel tak cuma prosesor, melainkan juga modem yang dipakai di beberapa varian iPhone.

Jika benar Mac tak lagi menggunakan prosesor Intel, ini adalah transisi besar pertama yang terjadi sejak Mac ak lagi menggunakan chip PowerPC buatan IBM, yang terjadi pada 2005, demikian dikutip dari The Verge, Selasa (3/4/2018).

Namun transisi dari Intel ini tentu akan berjalan secara bertahap, dan produk-produk kelas atas Mac seperti iMac Pro ataupun Mac Pro disebut akan tetap menggunakan chip Intel sampai Apple mampu memproduksi chip prosesornya yang sekelas secara independen.

Keputusan menggunakan prosesor buatan sendiri di Mac ini adalah hasil dari pertumbuhan dan evolusi perkembangan prosesor ARM yang sangat pesat beberapa tahun terakhir. Bahkan, sejumlah iPhone dan iPad terbaru punya kekuatan komputasi yang lebih kuat ketimbang sejumlah Mac jadul. (detiknet)

Apa Reaksi Kamu?