Madu dan telur baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Liani
Kamis, 13 Agustus 2015 09:12 WIB
Oleh Liani pada Kamis, 13 Agustus 2015 09:12 WIB
Image Madu dan telur baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut 10 makanan yang membuat sistem kekebalan tubuh Anda semakin meningkat.

Membangun kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit seperti sakit tenggorokan, pilek, infeksi virus, penyakit kuning dan demam itu sangat diperlukan. Pasalnya, ketahanan tubuh yang lemah bisa berpotensi membuat Anda gampang terserang penyakit.

1. Telur

Telur dianggap salah satu makanan yang paling bergizi. Kuning telur mengandung zat besi dan vitamin A dan D. Sendangkan putih telur kaya akan protein, yang membantu membangun ketahanan terhadap infeksi. Telur dapat dimakan sendiri atau ditambahkan ke hidangan lainnya. Telur bisa diolah dengan berbagai cara seperti digoreng, orak-arik atau di rebus.

2. Jahe

Jahe membantu untuk membuka sinus tersumbat ketika Anda menderita pilek. Hancuran jahe dapat ditambahkan ke teh, ramuan dan sup yang Anda memasak. Anda juga bisa mencampurnya dengan mint dan sedikit jus lemon untuk membuat minuman yang bisa membuat kulit Anda awet muda.

3. Sayuran berwarna hijau gelap

Sayuran hijau seperti bayam, labu, brokoli, dan sebagainya adalah sumber yang baik dari asam folat, zat besi, serat dan berbagai vitamin dan mineral. Pastikan untuk memakan sayuran hijau gelap setidaknya tiga kali dalam seminggu.

4. Jagung manis

Jagung manis kaya akan serat, vitamin B12 dan protein. Jagung dapat dimasukkan dalam salad, sup, sandwich dan hidangan lainnya. Jagung membutuhkan waktu untuk mencerna, sehingga pastikan porsi jagung yang Anda makan tidak berlebihan.

5. Kacang

Kacang-kacangan seperti almond, buah kenari, biji bunga matahari itu kaya energi, protein, antioksidan, vitamin, mineral dan asam lemak omega-3 yang membantu membangun kekebalan. Lemak Omega-3 tidak hanya membuat jantung sehat karena kandungan kolesterol baik, tetapi juga dapat membantu dalam penyerapan kalsium dari usus.

6. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan sumber terkaya vitamin A antara sumber nabati. Mereka juga mengandung asam folat dan serat. Ubi jalar dapat dikonsumsi sekali atau dua kali seminggu baik direbus atau dibakar sesuai selera Anda.

7. Air

Air diperlukan untuk mengatur suhu tubuh dan untuk menjaga Anda agar selalu terhidrasi. Apalagi jika selama musim hujan, penting menjaga ginjal dan menghilangkan racun dari tubuh dengan air yang mencukupi. Dianjurkan untuk minum setidaknya 8-10 gelas air setiap hari.

8. Daun kemangi

Daun kemangi merupakan sumber yang kaya mineral penting seperti kalsium, kalium, seng, dan vitamin lainnya. Ia juga memiliki sifat anti-kanker. Kemangi biasanya digunakan untuk membuat ramuan atau teh hijau, karena dapat meningkatkan pencernaan dan memberikan kekebalan terhadap penyakit batuk dan rasa dingin.

9. Jeruk

Kaya vitamin C yang membantu dalam membangun imunitas, jeruk memberikan perlindungan terhadap batuk dan pilek dan membantu dalam meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan yang Anda konsumsi. Jeruk bisa dimakan sendiri atau dalam salad dua atau tiga kali seminggu. Tapi, lebih baik memakannya dalam keadaan utuh.

Salad dengan tomat, kemangi dan sedikit madu adalah pilihan yang baik untuk camilan. Daun yang sering muncul di lalapan ini juga dapat direbus dengan air tanpa mengurangi kandungannya.

10. Madu

Madu merupakan sumber gula alami yang membantu dalam menjaga usus bersih dan sehat. Madu dapat digunakan sebagai pengganti gula dalam teh atau kopi. Madu digunakan dengan bumbu dan rempah-rempah seperti lada, jahe, dan kunyit bisa menjadi obat mujarab untuk batuk.


Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Kesalahan Fatal Kiper Liverpool yang Jadi Sorotan

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.