Mahasiswa Asing Banyak yang Kuliah di 5 Kampus di Indonesia Ini
Foto: rilis.id

Mahasiswa Asing Banyak yang Kuliah di 5 Kampus di Indonesia Ini

Jumat, 12 Mei 2017 | 15:25 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Banyak pelajar Indonesia yang berlomba-lomba untuk bisa kuliah di luar negeri, dengan alasan mutu pendidikannya lebih oke. Tapi ternyata malah sebaliknya, sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air mulai dilirik mahasiswa asing sebagai pilihan untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi.

Saat ini, ada lima universitas di Tanah Air penerima mahasiswa asing terbanyak yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata, dan Universitas Hasanuddin.

Hal itu dikatakan oleh ujar Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti, Patdono Suwignjo di Jakarta, Jumat (12/5/2017).

Sementara, mahasiswa asing yang menuntut ilmu di Tanah Air berasal dari Timor Leste (2.107), Malaysia (1.217), Thailand (659), China (456), Korea Selatan (309), Jepang (217), Korea Utara (215), Jerman (156), Belanda (139), dan Prancis (136).

Sedangkan, untuk program studi mahasiswa asing paling banyak adalah Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), ilmu kedokteran, manajemen, teknik sipil, dan ilmu manajemen.

Patdono menambahkan perkembangan jumlah mahasiswa asing yang menempuh studi di perguruan tinggi merupakan salah satu aspek yang digunakan untuk mengukur kesiapan dan mencerminkan kemampuan perguruan tinggi dalam menyelenggarakan program internasional untuk menghadapi persaingan global pendidikan tinggi.

"Ini juga menjadi indikator universitas untuk masuk ke dalam rangking 500 dunia," kata dia.

Sepanjang 2016, sebanyak 6,967 Surat Izin Belajar telah diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi (PT).

Surat Izin Belajar merupakan salah satu syarat utama bagi mahasiswa asing untuk memperoleh dokumen keimigrasian berupa visa pelajar dan izin tinggal terbatas atau ITAS yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Dengan jumlah permohonan izin belajar bagi mahasiswa asing semakin meningkat, yaitu 150-500 permohonan setiap minggunya, diperlukan upaya perbaikan sistem dan prosedur layanan penerbitan izin belajar.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...