Mahasiswa Makassar: Kami Ingin Jokowi Lengser

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Mahasiswa Makassar: Kami Ingin Jokowi Lengser Demo di Makassar (sumber: Tribun News)

Winnetnews.com - Berbagai mahasiswa yang berasal dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) terdengar meneriakkan yel-yel dan orasi yang meminta Jokowi untuk segera lengser dari kursi kepresidenan.

Aksi demonstrasi ini terjadi di Jalan Urip Sumoharjo, Senin (23/09). Tidak hanya berteriak dan melakukan orasi, para mahasiswa juga membagikan selebaran kepada para pengguna jalan. Poster tersebut memuat ajakan untuk melengserkan Jokowi.

Demonstrasi diperparah dengan adanya acara bakar-membakar kardus yang kemudian berubah menjadi kepulan asap hitam.

Melansir dari CNN Indonesia, salah seorang demonstran dari Aliansi Mahasiswa UMI Tolak Rezim anti-Demokrasi, Mira, mengatakan jika banyak kebijakan Jokowi yang dinilai tidak pro-rakyat. Mira menyoroti kasus RUU yang banyak bertentangan dengan keinginan masyarakat.

“Maka hari ini kami nyatakan Jokowi harus lengser,” teriak Mira, dikutip dari CNN Indonesia, Senin (23/09).

Aliansi mahasiswa ini menolak keras RUU Ketenagakerjaan, RUU Pertahanan, RUU Perkelapasawitan, dan RKUHP. Massa juga menyoroti ‘aksi lancang’ DPR yang mengesahkan UU KPK.

“Tolak pengesahan RUU KPK, tolak kenaikan iuran BPJS, tolak revisi UU Ketenagakerjaan, tolak revisi UU Pertahanan, tolak RUU Perkelapaswaitan, tolak RKUHP,” seru Mira.

Sebelum demo Makassar, masyarakat Yogyakarta juga melakukan aksi damai bernama #GejayanMemanggil dengan melakukan long march ke arah Pertigaan Gejayan.

Sementara di Riau, demo diwarnai kericuhan antara mahasiswa dengan pihak kepolisian.

 

Apa Reaksi Kamu?