(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mahasiswa Memiliki Peran Terbesar Dalam Kebersihan Lingkungan

Oky
Oky

Mahasiswa Memiliki Peran Terbesar Dalam Kebersihan Lingkungan Sumber Foto : Istimewa

Winnetnews.com - Mahasiswa merupakan generasi muda yang paling berperan besar terhadap perubahan suatu lingkungan, bahkan suatu negara. Mahasiswa sebagai seorang ‘siswa’ dalam tingkatan tertinggi dalam pendidikan ini,memiliki kemampuan dapat mengukur antara baik-buruknya tindakan, berpikir kritis , bertindak konkret dan selalu dipantau dan dicontoh oleh masyarakat.

Oleh karena itu, sebagai seseorang yang dapat membawa perubahan dan dicontoh masyarakat. Mahasiswa harus menjadi pelopor dalam membawa perubahan untuk mempengaruhi orang lain untuk melakukan hal yang lebih baik , bahkan berdampak pada negara agar lebih baik dan dapat menjadi contoh bagi negara lain, dapat dimulai dengan satu hal kecil tetapi dapat berdampak besar,yaitu hidup bersih dari sampah. Bukan berarti hidup bersih dari sampah, kita hidup tanpa membuang sampah atau tidak boleh menghasilkan sampah sama sekali. Hal itu merupakan sesuatu hal yang mustahil,karena pada dasarnya manusia pasti menghasilkan kotoran ,contohnya saja saat kita kelelahan oleh suatu aktifitas olahraga ,pasti tubuh kita mengeluarkan keringat. Keringat ini juga termasuk kotoran atau sampah yang dihasilkan secara alamiah.

Menurut Dirjen Pengelolan Sampah, Limbah, dan B3 KLHK Tuti Hendrawati Mintarsih menyebut total jumlah sampah Indonesia di 2019 akan mencapai 68 juta ton, dan sampah plastik diperkirakan akan mencapai 9,52 juta ton atau 14 persen dari total sampah yang ada. Seperti yang dikatakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menilai persoalan sampah sudah meresahkan. Tidakkah kita juga sadar akan keadaan seperti ini? Untuk menciptakan Indonesia yang bersih dan indah sebenarnya tidak diperlukan biaya ,teknologi , dan tenaga yang besar, tidak harus menjadi negara maju terlebih dahulu, hanya memerlukan kesadaran dan tanggung jawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan dalam diri kita.

Peran Mahasiswa disini tidaklah sulit , cara yang dapat dilakukan adalah mulailah dari menjaga kebersihan lingkungan kampus, sebagai mahasiswa yang memiliki wawasan yang luas dan sudah ‘lebih’ dewasa ,agar dapat menjadi contoh bagi adik-adik yang masih dibangku sekolah bahkan dapat mengingatkan orang yang lebih tua ,untuk ikut mendukung agar tercapainya tujuan dalam menjaga kebersihan lingkungan dari sampah , agar tidak menjadi lingkungan penyebab penyakit ataupun hal-hal yang tidak diinginkan dimasa mendatang, serta agar lingkungan kita tetap bisa dinikmati hingga anak cucu kita kelak.

Karena itu, mulailah dengan membuat perubahan dari diri sendiri, yang terkadang tanpa kita sadari banyak orang disekitar yang memperhatikan apa yang kita lakukan. Baru Kemudian lakukan pendekatan secara perlahan agar orang-orang disekitar mau ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini memang tidak mudah, tetapi kita dapat memberikan pemahaman- pemahaman yang bisa merubah cara berpikir orang-orang disekitar kita.  

“To Change Your Life, You Must First Change Your Habit.”

 

Ditulis oleh Bella Chrisilla

Mahasiswi LSPR Jakarta

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});