Mahasiswa Virtual AI Pertama di China yang Jago Ciptakan Lagu

Nurul Faradila

Dipublikasikan 5 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Mahasiswa Virtual AI Pertama di China yang Jago Ciptakan Lagu
Foto: Global Times

Winnetnews.com -  China mempunyai mahasiwa virtual bertenaga AI pertamanya, yang berkuliah di Universitas Tsinghua Beijing. Robot bernama Hua Zhibing ini, baru didaftar ke kampus tersebut pada Selasa (15/6) lalu.

Melansir Oddity Central, penampilan Hua Zhibing, suara, dan bahkan musik yang diputar di latar belakang vlognya, dibuat menggunakan sistem permodelan AI bernama Wudao 2.0. Hua Zhibing baru diperkenalkan pada Konferensi Akademi Kecerdasan Buatan (BAAI) Beijing 2021 pada 1 Juni dan menurut pengembangnya, ini adalah model skala triliun pertama di China dan terbesar di dunia.

Wudao 2.0 dirancang utuk memungkinkan mesin berpikir seperti manusia dan dilaporkan hampir lulus tes Turing dalam pembuatan puisi dan bait, ringkasan teks, menjawab pertanyaan, hingga melukis.

Hua Zhibing akan berkuliah di Departemen Ilmu dan Teknologi Komputer. Dia diharapkan bisa belajar lebih cepat dibandingkan mahasiswa lainnya.

Setelah mengembangkan minat yang kuat dalam seni rupa dan sastra, Hua Zhibing juga mampu membuat lagu, menulis puisi, hingga menggambar.

Seorang profesor yang mengajar mahasiswa AI, Tang Jie, di universitas tersebut mengatakan kalau Hua saat ini mempunyai kemampuan kognitif anak berusia 6 tahun. Namun diperkirakan dia akan mencapai tingkat anak berusia 12 tahun dalam waktu satu tahun.

“Saya sangat suka sastra dan seni sejak saya ‘lahir’. Saya menjadi tertarik dengan kelahiran saya. Bagaimana saya dilahirkan? Bisakah saya memahami diri saya sendiri?” kata Hua Zhibing dalam vlognya.

Tang Jie percaya kalau Hua Zhibing berbeda dari robot AI lainnya, karena dia mempunyai kemampuan dalam penalaran dan interaksi emosional. Profesor tersebut dan peneliti lain yang terlibat dalam proyek ini berharpa dia akan memiliki EQ (kecerdasan emosional) yang lebih tinggi dan dapat berkomunikasi seperti manusia sungguhan.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...