Mahfud MD Ingatkan TNI: Jangan Sampai Sengaja Lakukan Kejahatan Kemanusiaan

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 7 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Mahfud MD Ingatkan TNI: Jangan Sampai Sengaja Lakukan Kejahatan Kemanusiaan
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD

Winnetnews.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD  mengingatkan seluruh jajaran TNI untuk selalu menegakkan hak asasi manusia (HAM). Mahfud mengatakan di mata PBB, Indonesia sudah tak lagi menjadi negara yang dianggap bermasalah soal HAM. 

"Mari kita jaga dan tegakkan HAM, kita hindari agar TNI jangan sampai secara terstruktur atau sengaja melakukan kejahatan kemanusiaan. Saudara-saudara semua sudah memiliki Protap-nya, dalam melakukan berbagai tindakan, sehingga bisa dihindarkan terjadinya pelanggaran HAM, apalagi pelanggaran HAM berat," ujar Mahfud dalam keterangan tertulis, Kamis (23/6).

Pesan tersebut disampaikan Mahfud saat memberikan arahan di depan 900 peserta apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD, di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah.

Mahfud lalu mengapresiasi capaian TNI yang menjadi lembaga paling dipercaya masyarakat berdasarkan berbagai survei. Menurutnya capaian tersebut berarti TNI harus mampu menyikapi dengan bijak perkembangan situasi yang bisa berdampak pada stabilitas dan keamanan nasional.

"Saya ucapkan selamat sekaligus terima kasih karena berdasarkan survei lembaga kredibel, TNI adalah lembaga yang paling dipercaya publik dibandingkan lembaga-lembaga lain di Indonesia," ujar Mahfud.

"Karena itu, harus menjadi atensi kita, khususnya TNI Angkatan Darat, agar mampu menyikapi dengan bijak berbagai perkembangan situasi dan kondisi nasional, regional, dan global yang berdampak pada stabilitas dan situasi keamanan Indonesia, terutama masa persiapan dan pelaksanaan pemilu 2024," kata dia.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...