Majalah Times Ganjar Greta Thurnberg sebagai Person of The Year 2019
Greta Thurnberg jadi Person of The Year 2019 di Times Magazine. [Foto: Metro.co.uk]

Majalah Times Ganjar Greta Thurnberg sebagai Person of The Year 2019

Kamis, 12 Des 2019 | 15:45 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Masih ingat dengan gadis belia asal Swedia, Greta Thurnberg? Yap! Aktivis iklim termuda ini didaulat sebagai tokoh tahunan atau Person of The Year 2019 oleh media massa Amerika Serikat (AS), Times Magazine.

Perempuan cilik ini dikenal sangat vokal terkait desakannya terhadap Konferensi Tingkat Tinggi (KTTI) Iklim PBB beberapa waktu lalu. Thurnberg lantang mendesak para pejabat di PBB agar segera mengambil langkah dalam menghadapi krisis iklim global.

Mengutip CNNIndonesia.com, gadis 16 tahun itu memulai aksi pada Agustus 2018 dengan bolos sekolah dan berkemah di depan gedung parlemen Swedia, meminta pemerintah setempat mengambil tindakan atas bahaya perubahan iklim. Dari sana, kampanye Thunberg makin membesar menjadi pergerakan global.

"Dalam 16 bulan sejak awal kampanye itu, dia [Thunberg] telah berbicara di hadapan pimpinan-pimpinan pemerintahan di PBB, bertemu dengan Paus, berdebat dengan Presiden Amerika Serikat, dan menginspirasi empat juta orang untuk bergabung dalam aksi jeda untuk iklim (global climate strike) pada 20 September lalu dalam demonstrasi iklim terbesar sepanjang sejarah peradaban manusia," tulis Times Magazine.

"Margaret Atwood membandingkan dia dengan Joan of Arc. Setelah menyadari bahwa kata-kata 'climate strike' telah dipakai ratusan kali, para ahli kamus dari Collins Dictionary menyebut ide inovatif Thunberg itu sebagai word of the year," lanjutnya.

Thunberg akan berulang tahun ke-17 pada Januari 2020. Ia masih gencar berkampanye sampai saat ini, termasuk pada pekan lalu di Madrid.

Setiap tahun, Times Magazine menetapkan seseorang, grup, pergerakan, atau ide yang mempengaruhi banyak orang dalam jangka waktu 12 bulan. Tahun lalu, grup jurnalis The Guardians yang terpilih setelah tulisan yang diturunkan malah mendatangkan bahaya.

"Kami menggambarkan Person of the Year sebagai orang yang paling mempengaruhi peristiwa dalam setahun, baik atau buruk. Tetapi saya benar-benar serius memikirkannya karena majalah kami adalah tentang banyak orang dan ide yang membentuk dunia dan Person of the Year adalah tentang mereka yang membentuk tahun itu," kata kepala editor Times Magazine, Edward Felsenthal. [cnn]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...