Maju jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Thailand akan Buat Stadion Standar FIFA

Maju jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Thailand akan Buat Stadion Standar FIFA

WinNetNews.com - Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) telah memastikan Indonesia dan Thailand bakal maju untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2034. Hal itu diumumkan dalam kegiatan AFF Council Meeting di Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu.

Presiden Federasi Sepakbola Thailand (FAT) Jenderal Polisi Somyot Poompunmuang pun memastikan hal tersebut. Meski begitu, Somyot menegaskan Thailand mesti berbenah agar dianggap layak menyelenggarakan event sepakbola tertinggi di dunia tersebut.

Salah satunya soal stadion yang sesuai dengan standar Piala Dunia. "Meskipun standar stadion sepakbola di Thailand tidak dapat dibandingkan dengan yang ada di Indonesia, saya percaya bahwa ketika kami secara resmi melakukan penawaran bersama, kami akan mendapatkan dana (dari pemerintah) untuk membangun stadion yang memenuhi standar FIFA," kata Somyot, seperti dikutip Bangkok Post.

Dukungan pemerintah dari kedua negara memang penting. Mengingat, event sekelas Piala Dunia bakal menyita mata dunia dan akan mendatangkan banyak warga negara asing.

Sementara itu, proses pengajuan untuk pencalonan PD 2034 maksimal sudah harus diberikan ke FIFA pada 2026. AFF pun sudah menegaskan dukungan penuh mereka untuk pencalonan dua negara itu.