Makan Ikan Tongkol Ternyata Menyehatkan, Bisa Cegah Hipertensi Lho

Rusmanto
Rusmanto

Makan Ikan Tongkol Ternyata Menyehatkan, Bisa Cegah Hipertensi Lho ilustrasi

Winnetnews.com - Salah satu jenis ikan yang paling sering kita konsumsi adalah ikan tongkol. Ikan dengan rasa yang unik ini bisa diolah menjadi berbagai masakan yang nikmat. Kandungan nutrisinya juga termasuk cukup tinggi sehingga disebut-sebut bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Hanya saja, apakah benar jika kebiasaan makan ikan tongkol juga bisa membantu menurunkan risiko hipertensi?

Beberapa tahun terakhir, pemerintah memang sedang mempromosikan kampanye makan ikan demi membuat tubuh menjadi lebih sehat. Salah satu jenis ikan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah ikan tongkol.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika rutin mengonsumsi ikan tongkol.

  1. Mencegah hipertensi

    Pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mengonsumsi makanan dengan kadar asam lemak omega 3 demi mencegah kenaikan tekanan darah sekaligus menurunkan risiko hipertensi. Ikan tongkol termasuk dalam bahan makanan yang memililki kandungan bersifat anti peradangan ini. Di dalam ikan tongkol juga terdapat kandungan lainnya seperti potasium dan vasodilator yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif.

    Dengan tekanan darah yang terkendali, maka sistem kardiovaskular akan menjadi lebih sehat sehingga akan mencegah datangnya serangan jantung, stroke, serta aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

    Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak sembarangan mengolah ikan tongkol. Jika kita menambahkan garam terlalu banyak pada olahan ikan ini, tetap saja risiko terkena peningkatan tekanan darah akan meningkat. Selain itu, kita juga sebaiknya tidak sembarangan menggorengnya atau mengolahnya dengan santan karena dikhawatirkan akan memberikan efek kesehatan yang kurang baik.
     
  2. Menurunkan berat badan

    Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dipicu oleh pola makan yang tidak sehat adalah kelebihan berat badan. Beruntung, kita bisa mengatasinya dengan menerapkan pola makan yang sehat, termasuk dengan rajin makan ikan.

    Ikan tongkol sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan karena rendah kalori namun tinggi protein. Kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya juga akan membuat tubuh memproduksi hormon leptin yang bisa membantu kita menahan keinginan untuk makan dengan berlebihan. Kita pun tidak akan mudah tertarik ngemil di sela-sela waktu makan.
     
  3. Memperbaiki sirkulasi darah

    Ikan tongkol dikenal luas sebagai ikan yang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Di dalam ikan ini terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi. Ditambah dengan adanya vitamin B, maka proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh akan terjaga. Kita pun tidak akan mudah terkena masalah anemia jika rutin mengonsumsi ikan ini.
    Kandungan di dalam ikan tongkol juga akan membuat sirkulasi darah membaik. Kita pun tidak akan mudah terkena gangguan kardiovaskular.
     
  4. Mencegah penyakit jantung

    Kadar asam lemak omega 3 yang sangat tinggi di dalam ikan tongkol telah dikenal luas mampu mencegah datangnya penyakit jantung koroner. Selain itu, kandungan ini juga akan mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam pembuluh darah arteri. Hal ini tentu akan mencegah penumpukan plak yang bisa menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit kronis.
     
  5. Mencegah peradangan

    Di dalam ikan tongkol terdapat kandungan kolesterol baik dan anti peradangan. Dengan mengonsumsinya, maka tubuh tidak akan mudah terkena stres, baik itu stres fisik ataupun stres psikis. Tanpa adanya peradangan yang berarti, tubuh tidak akan mudah jatuh sakit sekaligus membuat berbagai sistem bekerja sebagaimana mestinya. Rutin mengonsumsi ikan ini juga bisa mencegah nyeri akibat arthritis dan asam urat.

 

Melihat fakta-fakta ini, tak perlu ragu lagi untuk makan ikan tongkol. Banyak manfaat sehatnya, kok.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di doktersehat.com dengan judul "5 Manfaat Makan Ikan Tongkol, Bisa Cegah Hipertensi"
 

Apa Reaksi Kamu?