Skip to main content

Setelah Baca ini, Kamu Pasti Nyesel Kenapa dari Dulu Gak Suka Makan Sayur!

Jangan takut makan sayur  Foto: Istimewa
Jangan takut makan sayur Foto: Istimewa

Winnetnews.com - Tinggi nutrisi seperti vitamin dan mineral, serta memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, sayur-sayuran pun menjadi menu sehat yang wajib dikonsumsi setiap hari. Anjuran makan sayur merupakan salah satu seruan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dicanangkan pemerintah.

Penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau mengandung senyawa yang disebut NMN atau nicotinamide mononucleotide. Senyawa yang ditemukan juga pada grape fruit ini bisa menunda kemunculan tanda-tanda penuaan dan me-refresh sistem metabolisme. Dilansir dari detikhealth, kamu yang suka makan sayur akan merasakan manfaat magic sayuran bagi tubuh berikut ini:

1. Nggak Usah Perawatan Ratusan Juta, Makan Sayuran Bisa Bikin Kamu Awet Muda!

image0

Foto: Istimewa

Eksperimen pada tikus menunjukkan bahwa senyawa kimia tersebut bisa mengurangi berbagai masalah tulang dan otot, memperbaiki fungsi hati, menjaga kepadatan tulang, dan memperlambat penurunan fungsi penglihatan. Senyawa ini juga menjaga sensitivitas insulin.

2. Selain Bikin Awet Muda, Kamu yang Punya Riwayat Penyakit Asma Juga Wajib Konsumsi Sayuran Secara Rutin

image1

Foto: Istimewa

Studi yang dilakukan oleh American College of Allergy, Asthma and Immunology (ACAAI) menyebutkan bahwa anak yang sejak kecil jarang mengonsumsi buah dan sayur, maka risikonya untuk mengalami asma meningkat 53 persen.

Diyakini bahwa diet yang kaya akan nutrisi dapat membantu tubuh menangkal penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa makan banyak buah dan sayuran membantu melindungi tikus terhadap asma. Kini studi membuktikan bahwa hal tersebut juga memberikan dampak bagi manusia.

3. Sudah Pernah Lihat Kambing yang Giginya Ompong? Mungkin Karena Hewan ini Senang Makan Rumput (sayuran paling nikmat bagi kambing), Gigi & Mulutnya Jadi Lebih Sehat ..hihihi..

image2

Foto: Istimewa

Tak cuma berkaitan dengan kesehatan organ tubuh, asupan sayuran yang cukup juga menyehatkan bagi kesehatan gigi dan mulut.Seperti disampaikan oleh drg Ratu Mirah Afifah, GCClintDent., MDSc, kesehatan gigi dan perkembangan rahang sangat dipengaruhi oleh jenis dan tekstur makanan yang dikonsumsi oleh seseorang.

"Bagusnya pilih makanan yang berserat, misalnya buah dan sayur-sayuran. Serat dapat menstimulasi kelenjar ludah dan memberikan efek self-cleansing. Jadi kalau makan serat sisa-sisa makanannya bisa lebih cepat bersih," ujar drg Mirah.Tekstur makanan juga memengaruhi proses pengunyahan, sehingga turut harus dipilih yang tepat untuk membantu berkembangnya rahang. Pilihlah makanan yang bertekstur agak kasar. Buah dan sayuran seperti apel, wortel, kembang kol, dan seledri misalnya.

4. Resiko Penyakit Diabetes Tipe 2 Bisa Dicegah dengan Perbanyak Makan Sayur-sayuran

image3

Foto: Istimewa

Studi membuktikan banyak makan sayur dan kurangi konsumsi daging dapat memangkas risiko penyakit diabetes tipe 2. Demikian disampaikan oleh peneliti Sylvia H. Ley dari Harvard T.H Chan School of Public Health.

"Hasil studi ini membuktikan bahwa menjaga pola makan sangat berhasil menjauhkan Anda dari risiko penyakit kronis. Untuk bermanfaat, perubahan pola makan harus dilakukan dengan benar dan jangka panjang, tutur Ley dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Diabetes Care tersebut.

5. Program Penurunan Berat Badanmu Pasti Lebih Efektif Bila Kamu Makan Sayur, Nggak Cuma Badan yang Sehat, Mental Juga Sehat

image4

Peneliti dari Warwick University mengungkapkan bahwa konsumsi lima porsi buah dan sayur setiap hari tak cuma sekadar menyehatkan tubuh secara fisik, tapi juga mental.

Menurut peneliti Prof Andrew Oswald, kebiasaan mengonsumsi buah dan sayuran ini secara sugesti membuat seseorang termotivasi hidup sehat dan lebih rajin berolahraga. Selain itu, secara fisik mereka juga mendapatkan manfaat lainnya seperti terlindungi dari beberapa jenis penyakit ringan dan turun berat badan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top