Makanan Berikut Ini Bisa Jadi Penyebab Sakit Maag dan Asam Lambung Lainnya

Rusmanto
Rusmanto

Makanan Berikut Ini Bisa Jadi Penyebab Sakit Maag dan Asam Lambung Lainnya ilustrasi
Winnetnews.com -  Sistem pencernaan Anda mengikuti aliran tertentu. Makanan akan mulai dicerna di mulut kemudian pindah ke tenggorokan Anda, kemudian ke kerongkongan dan perut, kemudian usus kecil dan besar, kemudian dikeluarkan dari tubuh Anda. Ketika makanan dalam perut berjalan kembali ke arah yang berlawanan, hal itu dapat menyebabkan rasa sakit.

Heartburn alias perut mulas (maag) adalah salah satu kondisi yang menyebabkan makanan dari lambung kembali lagi ke kerongkongan. Meskipun penyebabnya berbeda pada setiap orang, berikut adalah beberapa makanan yang perlu Anda hindari.

1. Makanan porsi besar

Makanan besar menyebabkan perut Anda menghasilkan lebih banyak asam lambung yang dapat menumpuk dan mengiritasi kerongkongan Anda. Dianjurkan untuk makan lebih sering dengan porsi yang kecil dibandingkan makan sekaligus dengan porsi besar.

2. Makanan yang digoreng

Makanan tinggi lemak seperti gorengan, membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Semakin lama ia berada di perut Anda, semakin banyak asam lambung diproduksi yang akhirnya akan mengambil lebih banyak ruang di perut Anda. Karena perut dipenuhi oleh banyak makanan, makanan Anda akan meluap sampai ke kerongkongan. Hal ini akan menyebabkan gejala gangguan asam lambung dan maag. Gorengan termasuk kentang goreng, ayam goreng, donat, dan keripik kentang.

3. Makanan asam

Meskipun buah memiliki banyak manfaat kesehatan, kadang-kadang mereka dapat memicu asam lambung. Banyak buah mengandung kadar asam yang tinggi. Keluarga buah jeruk termasuk lemon, jeruk, dan tomat mengandung asam yang dapat mengganggu keseimbangan pH di perut Anda. Buah-buahan dan sayuran dapat menambah keasaman dan menyebabkan gejala maag.

4. Brokoli

Brokoli merupakan sumber serat dan nutrisi. Jika Anda mengalami gejala maag terkait dengan gas dan kembung, hindari memakan brokoli. Terlalu banyak serat dapat menyebabkan sistem pencernaan Anda menghasilkan lebih banyak gas, yang dapat memicu heartburn.

Apa Reaksi Kamu?