Makanan dan Minuman Ini Bila Dikonsumsi Berlebihan Bisa Merusak Otak
ilustrasi

Makanan dan Minuman Ini Bila Dikonsumsi Berlebihan Bisa Merusak Otak

Jumat, 18 Okt 2019 | 14:58 | Rusmanto
Winnetnews.com - Siapa bilang makanan dan minuman yang kita konsumsi hanya akan mempengaruhi berat badan atau pencernaan saja. Dalam realitanya, apa yang kita konsumsi bisa memberikan pengaruh besar bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat otak rusak jika terlalu sering dikonsumsi!

Berbagai Makanan dan Minuman yang Bisa Merusak Otak

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa merusak otak jika dikonsumsi dengan berlebihan.

Berikut adalah makanan dan minuman tersebut.

1. Gorengan

Salah satu camilan yang paling digemari masyarakat Indonesia ini ternyata bisa memicu kerusakan otak jika terlalu sering dikonsumsi, lho. Masalahnya adalah kita terbiasa mengonsumsi gorengan sebagai lauk atau sebagai camilan saat mengobrol, menonton televisi, atau melakukan aktivitas lainnya.

Di balik sensasi renyah dan nikmat yang bisa didapatkan dari gorengan, terdapat kandungan lemak jahat yang sangat tinggi di dalamnya. Jika kita terbiasa mengonsumsi lemak jahat dalam jumlah yang banyak, maka pembuluh darah akan dipenuhi dengan plak yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Hal ini akan membuat otak tidak mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen dengan cukup sehingga bisa saja mengalami kerusakan.

2. Makan dan Minuman Tinggi Kandungan Gula

Makanan dan minuman dengan rasa yang manis seperti minuman bersoda, teh manis, kue, biskuit manis, dan lain-lain cenderung tinggi kandungan gula. Rasanya memang sangat nikmat untuk dikonsumsi kapan saja, namun pakar kesehatan menyebut makanan dan minuman ini bisa menyebabkan kerusakan pada neuron otak dan meningkatkan risiko terkena demensia.

Berdasarkan penelitian, disebutkan bahwa gula jika dikonsumsi dengan berlebihan akan membuat fungsi otak, khususnya dalam hal fungsi memori, mempelajari hal-hal baru, hingga terbentuknya neuron menurun dengan signifikan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...