Makanan dan Minuman yang Disarankan Saat Amandel Membengkak
ilustrasi

Makanan dan Minuman yang Disarankan Saat Amandel Membengkak

Sabtu, 20 Feb 2021 | 07:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Supaya cepat pulih, Anda harus makan dan minum yang cukup jika sedang sakit. Sayangnya, penyakit radang amandel justru bikin Anda sulit makan dan minum. Nah, jangan sampai gejala sakit saat menelan ini membuat Anda tidak makan atau minum sama sekali, ya.  Pilihlah makanan yang tepat sehingga mengurangi rasa sakit serta patuhi juga daftar pantangan untuk penderita radang amandel.

Anjuran makanan dan minuman untuk amandel bengkak

Penderita radang amandel (tonsilitis) disarankan untuk mengonsumsi asupan padat nutrisi yang mudah ditelan untuk meredakan infeksi dan mempercepat penyembuhan. Pasalnya, tonsilitis membuat amandel bengkak sehingga menyulitkan penderita untuk menelan makanan.

Pilihan makanan yang utama untuk penderita amandel haruslah makanan yang bertekstur lembut dan tidak terlalu panas. Berikut adalah jenis makanan dan minuman yang dianjurkan:

1. Lozenges

Menurut studi dalam jurnal AAPS PharmSciTech, permen pelega tenggorokan atau lozenges mengandung akar licorice atau mentol yang memiliki sifat antiradang. Artinya, mengonsumsi lozenges dapat membantu mengurangi rasa sakit tenggorokan dan pembengkakan yang disebabkan oleh radang amandel.

Akan tetapi, makanan untuk radang tenggorokan ini sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak yang masih kesulitan menelan makanan keras.

2. Air garam

Radang amandel juga bisa menyebabkan tenggorokan terasa panas, kering dan perih. Berkumur dengan air garam. dapat meringankan gejala sakit tenggorokan tersebut sekaligus meredakan peradangan amandel yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Cukup campurkan 1/2 sendok garam ke dalam 1 gelas air putih, tapi pastikan air tidak terlalu panas. Aduklah garam hingga larut. Sebaiknya Anda berkumur selama 30-1 menit dan lakukan beberapa kali dalam sehari.

3. Yoghurt dan sayuran

Makanan saat amandel bengkak idealnya bertekstur lembut untuk mempermudah proses menelan. Tak perlu khawatir kehabisan ide, sebab Anda dapat mengkreasikan olahan makanan menggunakan  yoghurt, puding, smoothie.

Selain lembut dan lebih mudah ditelan, makanan untuk penderita radang amandel ini juga dapat meningkatkan sistem imun. Dengan begitu, tubuh akan lebih kuat melawan infeksi bakteri penyebab radang amandel. Namun, pastikan tidak mengonsumsi yoghurt yang terlalu manis.

Anda pun tetap dapat mengonsumsi sayuran seperti wortel dan kubis dengan cara memasaknya hingga teksturnya melunak sebelum dikonsumsi. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...