Makanan Ini Belum Terbukti Bisa Membuat Wanita Cepat Hamil
ilustrasi

Makanan Ini Belum Terbukti Bisa Membuat Wanita Cepat Hamil

Selasa, 27 Agt 2019 | 12:09 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Harvard Medical School menyebutkan bahwa wanita yang mencoba hamil, mendapatkan efek positif pada kesuburannya dari makanan. Namun, ada beberapa makanan yang dipercaya harus dikonsumsi agar cepat hamil, tapi sebenarnya belum terbukti alias mitos. Apa saja makanannya?

Mitos makanan yang dipercaya bikin cepat hamil

Bagi wanita yang memiliki rencana untuk hamil, pasti disarankan untuk memperbaiki pola makan. Biasanya mereka dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung asam folat, B12, dan asam lemak omega 3 agar bisa cepat hamil.

Perubahan pola makan itu bisa bertujuan mengendalikan berat badan ataupun membantu meningkatkan kesuburan. Namun, tidak semua makanan dapat meningkatkan kesuburan.

Berikut ini beberapa makanan yang dianggap bisa membuat wanita agar cepat hamil, sayangnya masih belum terdapat penelitian yang cukup, alias mitos.

1. Taoge

image0

Taoge atau kecambah mungkin paling sering disebut-sebut sebagai makanan yang perlu Anda konsumsi agar cepat hamil.

Memang benar, taoge memiliki manfaat menyuburkan, tetapi sejauh ini efeknya baru ditemukan pada kesuburan pria. Belum ada penelitian yang membuktikan manfaat taoge pada kesuburan wanita.

Mitos makanan yang bikin cepat hamil ini, kemungkinan beredar karena nutrisi yang ada pada kacang hijau. Kacang hijau diketahui mengandung folat, yakni salah satu nutrisi yang sangat diperlukan bagi wanita yang berencana hamil. Folat nantinya akan dimanfaatkan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal.

Sayangnya, penelitian yang ada baru berfokus pada kacang hijau ketimbang kecambah. Penelitian itu juga baru dilakukan pada pria, bukan wanita.

Selain belum terbukti manfaatnya, wanita yang hamil justru perlu berhati-hati jika hendak makan taoge. Pasalnya, kecambah rentan terkontaminasi dengan bakteri karena tumbuh di lingkungan yang lembap. Ini bisa menyebabkan keracunan makanan dan berbahaya bagi janin.

Cara aman mengonsumsi taoge untuk ibu hamil menurut Academy of Nutition and Dietetic adalah dicuci hingga bersih dan dimakan dalam kondisi matang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...