Makanan Ini Bisa Bantu Cegah Kanker Colon

Rike
Rike

Makanan Ini Bisa Bantu Cegah Kanker Colon Foto: Usus Besar ( sumber:http://columbiasurgery.org/)

WinNetNews.com-Kanker colon atau usus besar merupakan penyebab utama pada pria dan wanita setelah kanker paru-paru, menurut American Cancer Society pada 2013.

Dikutip dari nationalgeographic.co.id, yang perlu kita ketahui bahwa setiap orang yang mempunyai orang tua, saudara, atau saudara yang menderita kanker colon, memiliki risiko mengalami hal yang sama dua hingga tiga kali lebih besar ketimbang orang yang tak punya riwayat keluarga dengan kanker colon.

Deteksi dini kanker colon sudah menyelamatkan banyak nyawa dan sangat penting untuk mereka yang berusia 50 tahun ke atas. Sebab, 90 persen kasus terjadi di kelompok usia tersebut. Walaupun kini juga makin banyak usia muda yang menderita kanker colon ini.

Pola makan menjadi salah satu cara dalam mencegah kanker colon. Karena kanker ini berkembang dari sel abnormal pada lapisan usus besar atau rektum, maka asupan gizi memainkan peran yang cukup besar dalam meningkatkan atau menurunkan risiko tersebut. Berikut ini makanan yang dianjurkan untuk mencegah kanker colon:

1. ALPUKAT

Serat menjadi faktor yang sangat penting untuk memerlancar pencernaan dan mencegah munculnya polip.

Alpukat merupakan salah satu jenis makanan tinggi serat, seperti gandum utuh, oatmeal beras merah, dan kacang-kacangan hitam.

2. UBI

Makanan kaya antioksidan menjadi pilihan yang baik guna menangkal semua jenis sel kanker sebab bisa menetralisir efek negatif akibat radikal bebas.

Makanan seperti bayam, kale, brokoli, ubi dan wortel merupakan sumber antioksidan alami.

3. JAHE

Rempah-rempah contohnya jahe bisa bertindak menjadi anti-inflamasi yang berguna untuk membunuh sel-sel kanker dalam usus besar.

4. YOGHURT

Probiotik bisa merangsang usus dan merupakan sumber bakteri baik yang berguna untuk menjaga flora usus Anda tetap sehat dan seimbang.

Apa Reaksi Kamu?