Makanan Ini Sebaiknya Jangan Dikonsumsi dengan Nasi
ilustrasi

Makanan Ini Sebaiknya Jangan Dikonsumsi dengan Nasi

Jumat, 13 Sep 2019 | 18:31 | Rusmanto
Winnetnews.com - Nasi dikenal luas sebagai salah satu jenis makanan pokok di Indonesia. Bahkan, banyak orang yang sampai berkata bahwa mereka merasa belum makan jika belum benar-benar makan nasi. Masalahnya adalah terkadang kita justru mengonsumsi makanan-makanan yang kurang sehat bersamaan dengan nasi. Hal ini tentu berpotensi menyebabkan datangnya masalah kesehatan.

Makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan nasi

Masyarakat Indonesia cenderung masih kurang cermat dalam memilih lauk untuk dikonsumsi saat makan. Kita masih mementingkan rasa yang nikmat atau harga yang terjangkau. Padahal, jika sampai kita mengonsumsi makanan yang kurang sehat, dampaknya tentu kurang baik bagi tubuh.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang ternyata kurang baik jika dikonsumsi bersamaan dengan nasi.

1. Kentang

Ada banyak sekali jenis olahan lauk yang dibuat dari kentang. Sebagai contoh, kita mengenal perkedel, kentang goreng, hingga sayuran yang diolah dengan bahan dasar kentang. Lauk-lauk ini memiliki rasa yang nikmat untuk dikonsumsi bersamaan dengan nasi. Masalahnya adalah pakar kesehatan sangat tidak merekomendasikan makan nasi bersamaan dengan kentang.

Hal ini disebabkan oleh kentang yang memiliki kandungan karbohidrat yang cenderung tinggi sebagaimana nasi. Sebagai contoh, Nutrition Data menyebut di dalam satu cangkir kentang dengan ukuran 100 gram terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 21 gram. Jika kita mengonsumsi nasi dan kentang bersamaan, dikhawatirkan akan menyebabkan asupan karbohidrat terlalu banyak.

Tak hanya akan membuat perut terasa kekenyangan, terlalu banyak mengonsumsi kentang bersamaan dengan nasi dikhawatirkan bisa berimbas pada kenaikan berat badan atau risiko obesitas. Masalahnya adalah obesitas juga bisa berimbas pada berbagai masalah kesehatan serius lainnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...