Makanan Olahan Lokal Yang Punya Khasiat

Makanan Olahan Lokal Yang Punya Khasiat

Senin, 25 Apr 2016 | 18:00 | Rike
WinNetNews.com-Supaya bisa dapatkan pasokan protein, Anda bisa dapatkan dari ke-lima makanan olahan lokal ini. Murah tapi kandungan gizinya tak kalah dari makanan impor

1.Tempe.

Dengan konsumsi 115 gram tempe, Anda telah memenuhi 41% kebutuhan harian akan protein. Dan, karena berbahan dasar kedelai, Anda mendapatkan manfaat kesehatan yang ditawarkan kedelai. Columbia University Health Service sebutkan, kedelai bisa turunkan kadar kolesterol jahat, lindungi tubuh dari penyakit jantung, tingkatkan kepadatan tulang, dan mungkin bisa bantu Anda cegah osteoporosis dan bantu tangkal kanker prostat.

2.Oncom.

Walaupun termasuk makanan ‘limbah’ kandungan gizi oncom masuk kategori lumayan. Menurut C.Soejoeti Tarwotjo di buku Dasar-Dasar Gizi Kuliner, pada setiap 100 gramnya, makanan khas Sunda ini memiliki kandungan 13,8 gram protein, 6 gram lemak, dan 968 miligram serat. Oncom pun mengandung mineral lain seperti zat besi dan fosfor.

3.Tahu.

Dapat jadi pilihan menggantikan daging guna memasok protein ke tubuh. Bedanya, Anda perlu konsumsi tofu dalam jumlah yang lebih besar guna mendapat protein yang setara dengan tawaran dari daging. Maklumlah, tiap 100 gram tahu, Anda hanya dapat 17,2 gram protein. Sebagai perbandingan, jika Anda konsumsi 150 gram daging rendah lemak, Anda perlu makan 290 gram tahu untuk dapat jumlah protein yang sama. Tetapi, harga tahu jauh lebih murah dari daging.

Sumber: Menshealth.co.id

Foto: http://sekilas-info.tk/

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...