Makanan Pencegah Sakit Tenggorokkan di Musim Hujan

Makanan Pencegah Sakit Tenggorokkan di Musim Hujan

WinNetNews.com – Musim hujan telah datang. Saatnya untuk lebih menjaga kesehatan diri. Biasanya saat musim hujan, penyakit yang melanda yaitu sakit tenggorokkan. Sakit ringan yang mengganggu ini biasanya terjadi karena tubuh sedang tidak fit.

Melansir dari dreamers, ada cara untuk mengatasi sakit tenggorokkan ini. Yaitu dengan mengonsumsi beberapa makanan penangkal sakit tenggorokan dibawah ini. Yuk disimak.

1. Putih telur

Banyak yang tidak tahu kalau putih telur juga mampu untuk meredakan rasa sakit di tenggorokan. Namun dalam mengonsumsinya jangan mencampurkan bumbu seperti penyedap karena bisa mempeparah sakit di tenggorokan.

2. Teh herbal

Teh Herbal juga bisa menjadi alternatif untuk mengobati rasa sakit di tenggorokan. Di dalamnya terdapat imun yang mampu berperan sebagai antiviral dan antibakterial. Apalagi kalau dinikmati dengan hangat pasti membuat tubuh juga terasa rileks dan nyaman.

 

3. Jahe

Secangkir jahe yang hangat bisa memberikan ketenangan bagi tenggorokan. Minuman ini sudah dipercaya lama oleh orang Indonesia bila tenggorokan terasa sakit atau gatal.

Selain itu jahe juga bisa memberikan efek lega pada hidung, sehingga batuk karena serak bisa segera ditangani. Boleh ditambahkan madu yang juga bisa melindungi tenggorokan dari iritasi dan mencegah timbulnya serak di tenggorokan.

4. Lada

Rasa pedas dan panasnya memberikan aktivitas lain di otak sehingga mengurangi rasa sakit ditenggorokan. Hal ini juga bisa mempereda sinusitas sehingga memperlancar sumbat di hidung. Lada biasanya disajikan dengan sayur atau makanan berkuah lainnya.

5. Air garam hangat

Tips ini juga sudah sering dilakukan bila mulut atau tenggorokan terasa sakit. Caranya mudah, hanya dengan mencampurkan setengah sendok garam dalam setengah liter air hangat lalu berkumur dan ditelan. Ini bisa membunuh bakteri dalam tenggorokan dan meningkatkan sirkulasi darah pembawa sel infeksi ke kerongkongan sehingga lebih cepat sembuh.

Selamat mencoba. Semoga Anda sehat selalu ya.