Skip to main content

Makanan Sehat selama Ramadhan

Makanan Sehat selama Ramadhan

Pada bulan puasa pastinya membutuhkan energi lebih dari biasanya. Energi yang dibutuhkan pun tentu berbeda. Makanan sehat kunci untuk tetap menjaga stamina selama bulan Ramadhan.

Mengutip dari laman GulfNews "Ia memperingatkan bahwa saat berpuasa sebisa mungkin menghindari makanan pedas dan digoreng. Makan makanan pedas membuat perut semakin sensitif sehingga buang gas dan mulas kerap muncul. Sementara, makanan yang digoreng dapat menghilangkan kalori di dalamnya."

Jadi, makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi ketika bulan Ramadan ?

1. Buah-buahan segar, karena bagus untuk mengisi elektrolit yang hilang selama puasa. Karbohidrat kompleks dan penuh serat dapat meningkatkan kadar glukosa secara bertahap dan membantu pencernaan.

2. Kurma, karena tingginya kandungan vitamin A, B6, kalium, natrium alami, besi dan magnesium. Gula alami di dalamnya pun dapat memberi energi yang lebih saat melakukan salat malam.

3. Kacang mentah, karena mengandung lemak baik.

4. Daging, ayam, dan ikan. Sebab, kadar protein dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama. Kehilangan kekuatan pada otot pun bisa dipulihkan.

5. Roti, karena tingkat gula di dalamnya. Namun, sebaiknya roti adalah opsi makanan bagi para pengikut diet.

6. Sayuran segar, karena kandungan yang rendah kalori, tinggi serat, dan nutrisi lebih yang dapat membantu pencernaan dan tidur.

7. Air. Sekitar 1-2 liter air putih yang dicampurkan dengan 1 liter lemon akan memberikan dampak positif bagi hati. Kemudian, Vitamin C juga baik untuk menghidrasi otot, mengurangi rasa lelah dan lesu. Hindari minuman berkafein seperti soda, kopi, dan teh selama 4-5 hari sebelum bulan Ramadan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top