Skip to main content

Makanan Sehat Untuk Bebas Jerawat

Makanan Sehat Untuk Bebas Jerawat
Makanan Sehat Untuk Bebas Jerawat

Mengobati jerawat tidak cukup hanya dengan perawatan dari luar. Makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan agar jerawat berkurang bahkan sembuh total. Elisa Zied, pakar diet dan nutrisi, menyarankan untuk konsumsi tujuh makanan ini secara rutin untuk kulit wajah bersih, bebas jerawat dan tampak sehat. Yuk disimak ..

1. Salmon

image0

Makan ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti salmon, mackerel dan tuna bisa membantu melembabkan kulit dari dalam sekaligus menghilangkan jerawat. Menurut Elisa yang juga penulis 'OUNGER NEXT WEEK: Your Ultimate Rx to Reverse the Clock, Boost Energy and Look and Feel Younger in 7 Days', ikan juga mengandung biotin, jenis vitamin B yang mencegah kulit bersisik dan kering.

2. Chia Seeds

image1

Chia seeds juga kaya akan omega-3 yang membantu menjaga membran sel dengan melindungi kulit dan memberikan kelembaban secara alami. Kulit yang lembab (bukan lembab karena berminyak) akan terhindar dari iritasi yang memicu timbulnya jerawat.

3. Ubi

image2

Ubi merah atau kuning mengandung banyak vitamin A yang diperlukan kulit untuk menjaga kelembabannya. Tumbuh-tumbuhan yang kaya nutrisi juga membantu sel-sel tubuh, termasuk sel kulit berfungsi dengan baik. Selain ubi, vitamin A juga banyak terdapat pada makanan berwarna oranye dan kuning seperto wortel, paprika kuning dan tomat. Makan secara rutin, kompleksi kulit akan memancarkan rona sehat.

4. Almond

image3

Almond tinggi akan vitamin E yang efektif menjaga kesehatan kulit dan mencegahnya dari kerusakan akibat radikal bebas di lingkungan luar. Radikal bebas bisa merusak sel-sel tubuh, seperti sel kulit sehingga rentan terhadap jerawat dan penuaan.

5. Biji Bunga Matahari

image4

Camilan yang satu ini juga kaya akan vitamin E. Selain melindungi dari radikal bebas, vitamin E juga bisa mencegah kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Perlu diketahui, sinar UV juga menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Jadi pastikan asupan vitamin E Anda cukup dan jangan pernah lupa gunakan sunblock ketika bepergian.

6. Karbodhidrat Kompleks

image5

Karbohidrat sederhana (atau lebih sering disebut karbohidrat putih) tinggi akan gula, dan gula juga menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Kurangi konsumsi mie, nasi putih dan roti putih dan gantikan dengan nasi merah, roti gandum utuh atau sereal sarapan dari gandum utuh.

7. Jus Jeruk

image6

Jeruk mengandung vitamin C tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan sel. Vitamin C juga membantu memicu produksi kolagen, protein di dalam tubuh yang menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit. Minumlah jus dari buah jeruk segar yang diblender sendiri. Tanpa tambahan gula, susu, maupun bahan pabrikan lainnya. Akan lebih baik jika jus yang Anda minum tidak disaring sehingga manfaat serat tetap bisa didapatkan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top