Skip to main content

Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan

Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan
Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan

Berikut makanan yang dapat membantu melawan sakit tenggorokan.

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang lembut di tenggorokan. Buah ini mudah untuk ditelan, terutama saat Anda sakit tenggorokan. Buah ini tidak mengandung asam, indeks glikemik buah ini juga rendah. Pisang juga kaya vitamin B6, kalium, dan tentu saja vitamin C.

2. Sup ayam

Sejak dulu sup ayam digunakan untuk memerangi sakit tenggorokan. Sup ayam memiliki sifat anti-inflamasi ringan dan membantu dalam mengurangi dahak di tenggorokan. Anda dapat membuat sup ayam dengan isi sayuran kaya nutrisi seperti wortel, bawang, seledri, lobak, ubi jalar, dan bawang putih.

3. Campuran jus lemon dan madu

Mencampur jus lemon dan madu salah satu alternatif yang tepat untuk mengatasi tenggorokan yang meradang. Selain itu, campuran ini juga mampu mendinginkan tenggorokan dan mengurangi sakit dalam tenggorokan.

4. Orak-arik telur

Protein yang terdapat dalam orak-arik telur membantu dalam menangani peradangan dan rasa sakit akibat radang tenggorokan. Saat membuatnya, pastikan Anda tidak mencampur rempah-rempah dalam orak-arik telur karena malah akan memperparah sakit.

5. Jahe atau teh madu

Sebuah cara yang hebat untuk menenangkan tenggorokan teriritasi dan gatal adalah dengan secangkir panas jahe atau madu teh. Anda bisa menyesap teh saat masih beruap karena akan melonggarkan dahak yang ada di tenggorokan dan mengatasi sesak dada. Madu juga bisa melapisi tenggorokan agar terhindar dari iritasi. Biasanya batuk disebabkan iritasi tenggorokan.

6. Oatmeal

Tinggi akan serat larutnya, oatmeal membantu dalam menurunkan kadar kolesterol LDL yang buruk dan juga kandungan protein yang tinggi. Membuat semangkuk panas oatmeal dengan menambahkan pisang atau madu, akan menjadi solusi terbaik untuk menenangkan sakit tenggorokan.

7. Sage

Dikenal memiliki sifat penyembuhan, sage digunakan sebagai ramuan obat sejak zaman dahulu untuk obat sakit tenggorokan. Sage berisi oksigen penanganan enzim, flavonoid, dan asam fenolat. Ditambahkan ke dalam teh atau sup, sage memiliki rasa yang sangat baik sehingga membuat makanan semakin lezat saat mengatasi sakit tenggorokan.

8. Pasta gandum

Makan pasta gandum yang lunak adalah cara yang bagus untuk mengobati sakit tenggorokan. Terutama, jika pasta panas dibuat dalam saus rendah lemak. Pasta gandum juga penuh nutrisi, serat, zat besi, zinc, dan vitamin B1, B2, B3, dan E.

9. Rebusan wortel

Wortel sangat luar biasa untuk obat ketika Anda sakit, tapi ingat sebelum memakannya Anda perlu mengukus atau merebus terlebih dahulu. Makan wortel mentah berisiko memperburuk sakit tenggorokan. Kandungan dalam wortel seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan potasium akan meringankan sakit tenggorokan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top