Skip to main content

Makanan Yang Bisa Disajikan Saat Malam Natal

Makanan Yang Bisa Disajikan Saat Malam Natal
Makanan Yang Bisa Disajikan Saat Malam Natal

WinNetNews.com - Desember akan segera berakhir dalam hitungan hari. Bagi mayoritas umat Nasrani di seluruh penjuru dunia hal tersebut menandakan saatnya untuk bersiap menyambut perayaan Natal yang jatuh setiap tanggal 25 Desember.

Umumnya, perayaan agama identik dengan makanan khas. Di Indonesia, sajian Natal yang biasa disediakan adalah aneka kue kering seperti kue putri salju, serta kue jahe dengan berbagai bentuk yang digambari hiasan khas Natal. Hal tersebut karena umumnya di Indonesia belum terlalu mengenal santapan malam Natal seperti di negara-negara lain.

Makanan yang biasa disajikan saat malam Natal di berbagai negara umumnya berbahan dasar daging. Seperti kalkun, daging sapi, ham, dan daging babi yang ditemani oleh sayur-sayuran serta buah.

Penyerapan budaya membuat tradisi makan malam Natal kini ikut populer di Indonesia. Namun, sedikit berbeda dengan negara lain, makanan yang dihidangkan untuk malam Natal oleh umat Nasrani di Indonesia umumnya sedikit menyelipkan makanan-makanan tradisional yang khas di setiap daerah. Namun, tidak ada salahnya juga mencoba membuat makanan yang sedikit berbeda.

Berikut disajikan beberapa makanan yang dapat dicoba saat makan malam bersama keluarga di malam Natal.

Ayam Rica-Rica

image0

Makanan yang dominan dengan rasa pedas ini merupakan makanan khas dari Manado, Sulawesi Utara. Dalam bahasa Manado, rica-rica sendiri artinya “pedas” atau “cabai”. Ayam rica-rica biasanya disajikan dengan nasi dan bahan pelengkap seperti bawang goreng serta mentimun, sangat pas untuk dinikmati bersama keluarga saat malam Natal.

Kalkun Panggang

image1

Kalkun panggang merupakan makanan khas Natal yang paling dikenal dan mengenyangkan. Kalkun yang dipanggang dalam waktu yang cukup lama untuk menghasilkan daging yang mudah untuk dipotong dan dikunyah ini memiliki tekstur yang sangat lembut. Rasanya ada yang kurang bila belum mencoba sajian ini saat makan malam Natal bersama keluarga.

Kaki Kambing

image2

Seperti namanya, bahan dasar makanan ini adalah kaki kambing. Dipanggang cukup lama dengan tambahan bumbu-bumbu seperti rosemary, menjadikan tekstur daging sangat empuk, dan wangi. Makanan ini wajib dicoba dengan kematangan “Medium Well” agar kamu bisa rasakan kelezatan dagingnya, apalagi tambahan sambal kecap atau saos yang pedas.

Ikan Kuah Kuning

image3

Ikan kuah kuning umumnya menggunakan bahan ikan tuna atau mubara dengan bumbu kapur dan kunyit. Ikan kuah kuning diketahui menjadi makanan wajib masyarakat Ambon pada saat perayaan Natal. Biasanya, makanan tersebut dipadukan dengan papeda, hidangan utama di Ambon selain nasi. Jadi tidak ada salahnya menyajikan kelezatan ikan kuah kuning ditengah kelurga besar saat makan malam Natal.

Ayam Kodok

image4

Satu lagi makanan yang wajib kamu dan keluarga coba saat malam Natal. Adalah stuffed Chicken atau lebih dikenal dengan sebutan ayam kodok. Tapi jangan khawatir, resepnya tidak mengandung kodok sama sekali kok. Memasak makanan ini menggunakan bumbu-bumbu yang seluruhnya dimasukan ke dalam ayam, dan dipanggang dalam waktu yang lama, membuat semua bumbu meresap dan menghasilkan rasa dari ayam yang nikmat. Rasa nikmatnya setara dengan ayam bakar Indonesia.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top