Makanan yang Bisa Memperpanjang Umur

Liani
Kamis, 27 Agustus 2015 15:34 WIB
Oleh Liani pada Kamis, 27 Agustus 2015 15:34 WIB
Image Makanan yang Bisa Memperpanjang Umur

Susannah Mushatt Jones, orang tertua di dunia yang mencapai usia 116 tahun menikmati makanan hangat dari daging, telur dan bubur jagung untuk sarapannya. Apakah itu rahasia umurnya yang panjang dan tetap sehat?

Ada beberapa makanan yang jika dimakan cukup rutin dapat membantu memperpanjang hidup seseorang. Ilmu pengetahuan telah menemukan bahwa antioksidan, dapat memerangi penyakit yang berkaitan dengan usia seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Berikut adalah makanan yang dipercaya dapat memperpanjang umur Anda.

1. Dark chocolate

Dark chocolate dikemas dengan flavonoid dan antioksidan yang bisa mengurangi peradangan dan membantu mencegah pembekuan darah. Penelitian menunjukkan bahwa peradangan berhubungan dengan penuaan dan penyakit yang berkaitan dengan usia, sehingga makanan anti-inflamasi dapat jadi kunci untuk hidup lebih lama.

2. Brokoli

Brokoli mengandung zat pencegah kanker dari bahan kimia seperti sulforaphane. Dalam sebuah penelitian, pemakan brokoli bisa hidup lebih lama daripada mereka yang diet tanpa sayuran.

3. Kacang

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa makan hanya segenggam kacang setiap hari dapat membantu memperpanjang hidup seseorang. Secara khusus, orang yang konsumsi kacang memiliki risiko lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit seperti diabetes dan kanker.

4. Buah bit

Buah bit yang berwarna merah ini kaya akan senyawa yang disebut betaine, yang juga dikaitkan erat dengan kekuatan anti peradangan.

5. Tomat

Tomat terbukti menurunkan risiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung dan osteoporosis. Tomat sumber vitamin C dan antioksidan.

6. Berries

Stroberi, blueberry dan sejenisnya memiliki rasa yang manis dan kaya akan antioksidan yang membantu melindungi dari penuaan. Secara khusus, berries mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin yang mendukung fungsi otak dan retensi otot.

7. Minyak zaitun

Minyak ini disebut sebagai salah satu cara makan paling sehat di dunia. Lemak minyak ini penurunan kognitif dari usia Anda.

8. Salmon

Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3. Salmon mampu melindungi penurunan kognitif dan mengurangi peradangan.

9. Makanan pedas

Jika Anda suka makanan pedas, baru-baru ini China menerbitkan studi yang menemukan bahwa mereka yang makan makanan pedas cenderung hidup lebih lama. Pemakan makanan pedas berada pada risiko kematian yang lebih rendah dari kanker dan penyakit jantung.

10. Teh hijau

Mengonsumsi teh hijau setiap hari bisa melindungi jantung Anda. Sebuah studi di Jepang menunjukkan bahwa peminum teh hijau setidaknya satu kali sehari bisa menurunkan risiko terserang penyakit jantung dan stroke.

11. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan dasar yang paling favorit. Namun, dari sisi kesehatan, bawang putih memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa membantu mengatur tekanan darah.

12. Alpukat

Buah ini sudah terbukti mampu menurunkan stres dan berpotensi memerangi beberapa jenis kanker.

13. Apel

Apel merupakan buah lain yang mengandung antioksidan. Pastikan Anda juga memakan kulit apelnya yang memiliki banyak nutrisi. Apel juga kaya akan serat yang mampu membuat sistem pencernaan tetap sehat serta mencegah penyakit jantung.

14. Asparagus

Sayuran berbatang hijau ini kaya akan glutathione, ibu dari semua antioksidan. Ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung, demensia dan kanker. Asparagus juga sumber folat yang dapat menjaga otak sehat saat tua.

15. Kimchi

Siapa sangka, makanan khas Korea ini bisa memperpanjang usia Anda. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa probiotik dalam makanan fermentasi seperti yogurt dan kimchi dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Lebih baiknya lagi, kimchi mengandung bawang ptuih sehingga kimchi mengandung antioksidan yang juga tinggi.

Sebuah studi menemukan bahwa bakteri asam laktat probiotik dalam kimchi dapat membantu mencegah kanker usus besar.

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Dituduh Kuasai Pasar OS, Google Didenda di Eropa

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.