Skip to main content

Makanan Yang Dibutuhkan Otak

Makanan Yang Dibutuhkan Otak
Makanan Yang Dibutuhkan Otak

Apa saja makanan yang dibutuhkan otak? Simak, yuk, penjelasannya di bawah ini.

1.ASAM AMINO

Zat satu ini penting untuk membentuk neurotransmitter yang berfungsi sebagai penghubung atau pembawa pesan antar neuron. Biasanya, terdapat pada makanan berprotein tinggi seperti daging sapi, unggas, telur, ikan tuna, yoghurt, dan keju. Beberapa jenis tumbuhan juga mengandung zat ini, yaitu rumput laut, selada air, lobak, dan kacang merah.

2.LEMAK SEHAT

Lemak sehat atau omega-3 biasanya terdapat dalam ikan dan makanan laut segar. Lemak jenis ini telah terbukti menurunkan tekanan darah, melancarkan aliran darah dari dan ke otak, memastikan oksigen serta nutrisi lain sampai ke otak lewat aliran darah. Menurut penelitian, kuantitas konsumsi makan ikan atau makanan laut lain yang baik adalah dua kali dalam seminggu. Selain ikan dan makanan laut, chia seed juga banyak mengandung omega 3. Bahkan lebih banyak dari salmon!

3.ASAM FOLAT, VIT. B6 & B12

Vitamin B membantu produksi energi tak hanya untuk tubuh, namun juga otak. Zat-zat ini dapat ditemukan pada bayam, lobak, sawi hijau, paprika, gandum, dan kacang-kacangan.

4.TEH HIJAU

Konsumsi reguler teh jenis ini telah terbukti dapat mencegah penyakit hinggap di tubuh. Teh hijau mengandung antioksidan jenis polyphenol atau biasa disebut EGCG dalam level tinggi yang telah terbukti membantu kinerja memori otak, juga fungsi penting lain dari otak seperti kemampuan bahasa dan belajar. Zat ini juga membuat otak mampu beradaptasi cepat pada perubahan sekitarnya. Konsumsi 2-4 cangkir teh hijau per hari akan mengoptimalkan kesehatan otak.

5.BUAH & SAYUR

Warna pada buah dan sayur ternyata bukan tanpa arti. Mereka menunjukkan kandungan antioksidan yang tinggi dan pastinya baik buat kesehatan otak. Selain antioksidan, buah dan sayuran pun mengandung aneka vitamin seperti A, C, E, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan suplai darah dan oksigen ke otak.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top