(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Makin Menjadi Macet di Pagi Hari, 5 Ribu Orang Dukung Petisi Batasi Truk di Tol JORR

Liani
Liani

Makin Menjadi Macet di Pagi Hari, 5 Ribu Orang Dukung Petisi Batasi Truk di Tol JORR
WinNetNews.com - Petisi 'pembatasan truk di JORR' masih bergulir. 9 Bulan lalu, petisi yang ditujukan kepada PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (JLJ), PT Jasa Marga, dan Menteri Perhubungan ini sudah memperoleh 5 ribu dukungan.

Menurut pembaca detikcom, Donny Priwardhana dalam surat elektronik ke [email protected], Senin (4/1/2016), petisi tentang JORR muncul dan sudah ada feedback dari pemerintah untuk menerapkan jam di mana truk dilarang masuk. Namun kenyataaannya, sekarang malah bertambah parah macetnya jika pagi dengan tidak adanya pengawasan terhadap truk-truk tersebut.

"Apa kabar bapak-bapak polisi dan jasa marga? Kami adalah pengguna Tol termahal yang sudah selayaknya mendapatkan pelayanan prima, bukan malah harus berjuang melawan truk dan mencuri bahu jalan agar bisa melaju sedikit lebih cepat dengan resiko ditangkap Polisi," tulis Donny.

Sementara isi petisi yang dibuat Sigit Widodo itu sendiri menuliskan kalau truk-truk besar banyak melakukan pelanggaran aturan lalu-lintas dengan mengambil jalur tengah dan kanan, atau mengangkut muatan di atas kapasitas sehingga tidak dapat berjalan di atas kecepatan minimal 60 km/jam.

Karena itu, petisi disampaikan kepada PT. Jalantol Lingkarluar Jakarta (JLJ) selaku operator Tol JORR, PT. Jasa Marga sebagai induk perusahaan PT. JLJ, dan Menteri Perhubungan RI untuk melakukan pembatasan truk yang melintasi Tol JORR.

Pembatasan bisa dilakukan dalam beberapa cara:

- Melarang kendaraan golongan III, IV, dan V melintasi JORR pada jam sibuk.

- Menaikkan tarif tol untuk golongan III, IV, dan V.

- Menilang dan memaksa keluar kendaraan yang tidak bisa melaju dengan kecepatan di atas 60 km/jam.

- Memasang pembatas untuk memaksa truk tetap berada di lajur paling kiri dan melarang truk menggunakan jalur lainnya - termasuk untuk meyalip sesama truk - pada jam sibuk.

Bagaimana menurut Anda?

Dilansir dari laman detik

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});