Makin Panas! DPC PDIP Solid Dukung Puguh, Bagaimana Nasib Gibran?
Foto: RRI

Makin Panas! DPC PDIP Solid Dukung Puguh, Bagaimana Nasib Gibran?

Senin, 9 Mar 2020 | 10:10 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Kontestasi politik daerah di Kota Solo kian panas saat internal PDIP masih saja membahas siapa yang bakal diusung di Pilkada 2020 di Kota Solo.

PDIP terkesan tengah mengalami dualisme lantaran Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Solo yang soild mendukung bakal pasangan calon (bapaslon) Achmad PurnomoTeguh Prakosa (Puguh).

Sementara itu di sisi lain, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Gibran Rakabuming Raka juga ngotot maju sebagai calon Wali Kota Solo.

Bahkan, Gibran Rakabuming menyatakan telah mengantongi izin Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Hal tersebut diakuinya pasca melakukan pertemuan tertutup di kediaman Megawati di bilangan Jakarta Pusat, beberapa bulan lalu.

Namun, baik Gibran Rakabuming maupun bapaslon Puguh masih menunggu rekomendasi Megawati. Kendati demikian, Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyatakan sudah solid mendukung paslon Puguh di Pilkada 2020.

"DPC PDIP Surakarta tetap solid mendukung Achmad Purnomo-Teguh Prakosa pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta, September 2020," kata F.X. Hadi Rudyatmo, dikutip CNNIndonesia.com dari Antara, disela acara Apel Satgas PDIP Surakarta yang digelar di kawasan parkir Vastenburg Solo, Minggu (8/3).

F.X.Hadi Rudyatmo memimpin acara apel yang diikuti sebanyak 1.500 Satgas PDIP Solo dalam rangka peringatan HUT PDIP dan persiapan Pilkada 2020.

Rudyatmo yang juga menjabat Wali Kota Solo ini, menegaskan agar kader PDIP Solo tidak takut untuk mendukung bakal pasangan calon (bapaslon) Puguh di Pilkada tanggal 23 September 2020.

"Saya yakin pasangan bapaslon Puguh dapat memenangi Pilkada Surakarta," ujar Rudyatmo.

Rudyatmo mengimbau semua kader di Solo, tetap bekerja keras di lapangan untuk memenangkan Bapaslonnya. Menurutnya, DPC PDIP Solo mengusung dan memilih bapaslon Puguh sudah berdasarkan penjaringan dan penyaringan menggunakan peraturan partai Nomor.24/2017.

Bapaslon Puguh merupakan satu-satunya pasangan yang diusung oleh DPC PDIP Surakarta dalam Pilkada 2020 di Solo. DPC PDIP hanya mengajukan satu pasangan ke DPD yang dilanjutkan DPP PDIP

Bakal calon Wali Kota Solo lainnya, Gibran Rakabuming Raka yang juga maju pada Pilkada 2020 mendaftar diri melalui Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Tengah. Bakal calon Purnomo dan Gibran hingga kini keduanya juga masih menunggu rekomendasi dari DPP.

Rudyatmo meminta semua Satgas dan pengurus partai, jangan khawatir kalau nanti sudah bicara Puguh kemudian disingkirkan. Menurutnya hal itu tak mungkin terjadi karena pasangan Puguh yang diusung DPC sudah memenuhi syarat sah sesuai peraturan yang berlaku.

Kendati demikian, dia menegaskan agar kader tetap tegak lurus dengan ketentuan partai, serta mengikuti apapun keputusan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...