(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Makin Tumbuh, Kantor Jasa Akuntan

Muchdi
Muchdi

Makin Tumbuh, Kantor Jasa Akuntan

WinNetNews.com - Saat ini sudah menjamur Jasa akuntan publik . Namun, jasa audit mulai dikenal di Indonesia sebenarnya, kapan? Pembukuan sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belada, hal ini dikatakannya oleh Chairman of the Board of Partners, and Chief Executive Partner of RSM AAJ Amir Abadi Jusuf.

Kegiatan itu baru dilakukan oleh kantor administrasi untuk membantu negara. Kemudian secara perlahan, kantor administrasi itu mulai beralih ke kantor akuntan, seperti kantor Abutari di Jalan Veteran.

Chairman of the Board of Partners, and Chief Executive Partner of RSM AAJ Amir Abadi Jusuf,di lansir Bisnis, Rabu (28/10/2015), Mengatakan "Kantor akuntan dikenal pada Orde Baru ketika investor asing mulai masuk ke Tanah Air," Setelahnya, pendidikan akuntansi pun banyak diselenggarakan. Berdasarkan kondisi tersebut, nama administrasi dihilangkan dan diganti dengan akuntasi. "Jadi saya kira sejak 1957 dimulai (kantor akuntan)," ucap Amir.

Dia melanjutkan semenjak masuknya investor asing ke Indonesia, banyak kantor akuntan lokal yang berpartner dengan kantor akuntan asing. Misalnya saja Utomo and Co dengan Arthur Anderson dan Hadi Sutanto dan PWC.

"Dulu orang tidak peduli dengan kantor akuntan, karena memang belum ada kebutuhan juga. Setelah investor asing masuk, ada pasar modal, di situlah ada rasa kebutuhan dari kantor akuntan," jelasnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});