Malam Kurang Tidur, Bolehkah Bayar Utang Tidur di Siang Hari?
ilustrasi

Malam Kurang Tidur, Bolehkah Bayar Utang Tidur di Siang Hari?

Kamis, 19 Nov 2020 | 09:23 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sebagian besar orang pasti pernah begadang. Entah itu untuk mengejar deadline kantor atau tugas kuliah, ada acara keluarga, dan kegiatan lainnya. Ketika waktu tidur tidak tercukupi, kebanyakan orang menggampangkan masalah ini, “Besok bisa tidur siang ini” atau “Besok lanjut tidur di bus saja pas ke kantor”.

Namun, apakah boleh Anda malam begadang dan membayar tidur yang kurang di siang hari seperti ini?

Bolehkah bayar utang tidur di siang hari karena malam begadang?

Malam hari adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk beristirahat. Pada istirahat inilah tubuh akan mempersiapkan diri untuk kembali beraktivitas di esok hari.

Namun, adanya aktivitas tertentu atau masalah kesehatan bisa mengganggu jam tidur Anda. Contohnya, sengaja tidak tidur untuk begadang atau susah tidur karena insomnia.

Kurangnya jam tidur jelas bisa membuat Anda mengantuk keesokan harinya. Tak jarang, mereka yang memiliki kegatan di pagi hari memilih akan ‘balas dendam’ tidur di siang hari. Bila tidak memungkinkan Anda akan memanfaatkan waktu-waktu tertentu untuk tidur, seperti di perjalanan menuju kantor.

Anda mungkin berpikir bahwa begadang di malam hari tidak akan jadi masalah selama Anda bisa membayar kekurangan tidur di siang hari. Padahal, sebenarnya tindakan ini tidak dianjurkan.

Alasannya, membayar utang dengan cara ini memungkinkan Anda tidur siang lebih lama. Padahal, tidur siang lebih lama bisa membuat Anda kembali tidak bisa tidur malam harinya.

Akibatnya, Anda akan tidur lebih larut dan mengantuk esok harinya. Lambat laun, kebiasaan ini bisa merusak siklus tidur Anda.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...