Malaysia Airlines MH17 Jatuh Terkena Rudal Di Ukraina

Malaysia Airlines MH17 Jatuh Terkena Rudal Di Ukraina

WinNetNews.com - Jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di wilayah Ukraina Timur, Dewan Keselamatan Belanda pada Selasa kemarin menuntaskan laporan mereka. Berdasarkan laporan yang dipaparkan di pangkalan militer di Gilze-Rijen di Belanda oleh Presiden Dewan Djibbe Joustra, maskapai nasional Malaysia itu jatuh akibat ditembak oleh rudal jenis BUK buatan Rusia yang mengenai bagian depan kiri pesawat.

Stasiun berita BBC, Rabu, 14 Oktober 2015 melansir, akibat tembakan rudal itu, tiga kru yang berada di ruang kokpit langsung tewas seketika. diperkirakan penumpang dan kru lainnya meninggal sebelum pesawat jatuh ke bawah.

Akibat insiden itu sebanyak 298 penumpang dan kru dilaporkan tewas. Sebanyak 196 penumpang berasal dari Belanda. Sisanya berasal dari Inggris, Indonesia, Selandia Baru, Jerman, Australia, Kanada, Belgia dan Filipina.

Laporan tersebut tidak menyebut siapa yang menembakkan rudal atau dari mana rudal itu ditembakan. Namun, menurut mereka seharusnya Ukraina menutup wilayah udaranya. Sebab, di hari Malaysia Airlines ditembak, 160 penerbangan diketahui terbang di zona udara konflik itu.