Malaysia Bangun Terowongan Bawah Laut Menuju Pulau Sumatera
ilustrasi

Malaysia Bangun Terowongan Bawah Laut Menuju Pulau Sumatera

Rabu, 21 Mar 2018 | 13:35 | Rusmanto

WinNetNews.com - Malaysia ingin membangun proyek terowongan bawah laut yang menghubungkan Bagan Datuk Perak ke Pulau Sumatera. Nilai proyeknya mencapai Rp 270 triliun.

Wakil Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Ahmad Zahid Hamidi mengatakan, rencana proyek ini sudah disepakati, namun butuh tindak lanjut.

"Feasibility studi harus dilakukan, dan proyek juga butuh persetujuan dari pejabat pemerintah," ujarnya dilansir Malayonline, Rabu (21/3/2018). 

"Protokol diplomatik juga harus dipatuhi. Proyek harus disepakati oleh pemerintah pusat Indonesia dan beberapa pemerintah provinsi di Sumatera, di mana proyek ini akan berlokasi," ujar dia. 

Zahid mengatakan, pemerintah Malaysia akan mengambil bagiannya, tapi sektor swasta diperlukan untuk meyakinkan investor lain agar mau membiayai proyek ini. Dia menyebut, biaya yang dibutuhkan sekitar US$ 20 miliar atau sekitar Rp 270 triliun (kurs: Rp 13.500/dolar AS).

Setelah rampung, terowongan ini akan akan tersambung dengan proyek East-Coast Expressway, jalan tol di Malaysia yang diperkirakan akan rampung tahun depan. (detikcom)
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...