Mama Punya Peran Penting untuk Cegah Penyakit Diabetes

Rani
Rani

Mama Punya Peran Penting untuk Cegah Penyakit Diabetes

winnetnews.com - Ibu memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan keluarga, tak terkecuali dalam mencegah diabetes tipe 2. Ini karena umumnya ibulah yang menyiapkan asupan untuk keluarganya. Dari ibulah pola makan sehat keluarga bisa terbentuk.

"Diabetes tipe 2 sangat dipengaruhi oleh gaya hidup. Kebiasaan makan sehat, nutrisi yang tepat, olahraga teratur dan pemeriksaan secara berkala akan membantu mencegah diabetes tipe 2. Disinilah peran dan dukungan keluarga menjadi penting, terutama untuk pencegahan sejak usia dini," kata dr Johanes Purwoto, SpPD-KEMD FINASIM.

Hal itu disampaikan dr Johanes dalam keterangan tertulis Philips Healthtech Indonesia yang diterima detikHealth.

Dijelaskan dr Johanes, diabetes tipe 2 sering disebut sebagai non-insulin-dependent, yang mana kondisi ini mencakup sekitar 95 persen dari total pengidap diabetes usia dewasa. Diabetes tipe 2 juga bisa dialami kelompok usia yang lebih muda, bahkan anak-anak.

Kementerian Kesehatan memperkirakan pada tahun 2030 prevalensi diabetes di Indonesia akan mencapai 21,3 juta orang. Sementara Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukkan prevalensi diabetes kian meningkat hingga mencapai 6,9 persen dari perkiraan total 176.689.388 orang-orang yang berusia di atas 15 tahun.

Nah, dalam sebuah keluarga, ibu yang biasanya memilih bahan makanan dan menyiapkan asupan keluarga dianggap sebagai penjaga gerbang dan mencegah diabetes sejak dini. Untuk pencegahan diabetes dan penyakit lainnya, ibu perlu memilih makanan dan minuman yang sehat agar keluarga memiliki pola makan sehat.

Suryo Suwignjo, Presiden Direktur Philips Indonesia, menyatakan dukungannya pada upaya ibu untuk menanamkan kebiasaan makan sehat di keluarga. Dukungan itu antara lain diberikan melalui peralatan dapur yang inovatif agar ibu bisa memasak dengan cepat dan praktis. Sebab menurut Suryo, untuk membuat Indonesia lebih sehat bisa dimulai dari rumah.

Makan makanan rumahan yang sehat dewasa ini sangat penting di tengah era digital yang berkembang pesat, ditambah dengan pertumbuhan ekonomi terutama di kalangan kelas menengah yang telah meningkatkan daya beli. Hal ini tentu sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat.

Apa Reaksi Kamu?