Mampukah Ahok Penuhi Ekspektasi Rakyat, Maju sebagai Kandidat Capres 2024?
Basuki Tjahaja Purnama

Mampukah Ahok Penuhi Ekspektasi Rakyat, Maju sebagai Kandidat Capres 2024?

Rabu, 3 Jul 2019 | 15:20 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Era pemerintahan Jokowi sebagai presiden periode kedua belum saja dimulai, sudah muncul nama-nama kandidat potensial untuk Pilpres 2024. Salah satunya, nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sempat mengemuka sebagai “kuda hitam” mengikuti deretan nama tokoh-tokoh penting yang mungkin akan berlaga di Pilpres 2024.

Ada 14 nama tokoh plus satu nama yang punya daya kejut bagi publik, yang telah dirilis oleh lembaga survei LSI Denny JA. Satu nama itu, yang disebut sebagai Mr. X oleh peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, adalah sosok yang saat ini belum terdeteksi peluangnya bisa ikut bertarung dalam pesta demokrasi berikutnya.

“Bisa jadi ada The Next Jokowi yang kita masih belum tahu sebagai faktor kejutan namanya. Bisa jadi nanti ada Mr atau Mrs X yang menjadi capres potensial di 2024,” ujar Rully, dikutip dari Kompas.

Jika dibandingkan dengan Pemilu 2014, sosok misterius itu adalah Jokowi. Nama eks Walikota Solo itu mendadak jadi populer saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, dan kian meroket hingga akhirnya duduk di kursi orang nomor satu Indonesia.

Namun menurut Rully, Ahok sebagai salah satu tokoh politik paling populer di Indonesia, untuk berlaga pada Pilpres 2024, dinilai berat. Sebab, Ahok sampai saat ini belum aktif kembali memegang jabatan-jabatan publik untuk dapat menunjukkan kinerjanya demi meraih kembali perhatian publik, sebagai wadah untuk mengubah citranya yang mantan narapidana.

Maka ketika nanti Ahok mulai mengisi pos-pos penting, menjalankan amanah rakyat, Rully mengatakan, “Dari situlah Pak Ahok bisa menunjukkan prestasi ke depannya supaya ada efek pemilih untuk memilih Ahok sebagai the next president,” terang Rully.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...