Skip to main content

Mampukah Mi Note 2 Naikan Kembali Pamor Xiaomi?

Mampukah Mi Note 2 Naikan Kembali Pamor Xiaomi?
Mampukah Mi Note 2 Naikan Kembali Pamor Xiaomi?

WinNetNews.com - Sempat berjaya di jagat ponsel dan memimpin di pasar China, Xiaomi belakangan agak keteteran. Penelitian terakhir dari Counterpoint Research menyebutkan mereka sekarang di posisi 4 di China. Mampukah kedatangan Mi Mix dan Mi Note 2 membangkitkan Xiaomi?

Mi Note 2 dan Mi Mix memang cukup menggoda. Mi Note 2 dibekali layar melengkung di kedua sisi layaknya S7 Edge. Kemudian Mi Mix didesain nyaris tanpa bezel, bagian depannya hampir penuh dengan layar. Keduanya juga dibekali spesifikasi tinggi.

"Apa yang kami umumkan kemarin agaknya cukup mengejutkan dunia. Ini adalah level inovasi yang kupikir tidak begitu diharapkan bisa datang di Asia," klaim Vice President of International Xiaomi, Hugo Barra.

Baik Mi Mix dan Mi Note 2 masuk kategori phablet, istilah untuk smartphone layar besar. Meski segmen ini sudah ditinggalkan jagoan utamanya, Note 7, Xiaomi dinilai memiliki tugas berat untuk sukses. Terlebih harga keduanya terbilang mahal untuk ukuran Xiaomi.

"Xiaomi telah kehilangan pangsa pasar yang cukup besar di segmen premium dan 80% dari seluruh volume penjualannya berasal dari segmen USD 200," ujar Neil Shah, direktur riset di Counterpoint Research.

Mereka yang awalnya berminat dengan Note 7 pun tak berarti akan memilih Xiaomi. Menurut analis, banyak yang masih loyal dengan brand Samsung.

"Pengguna seri Galaxy Note biasanya sudah lama menggunakannya yang lebih memilih fitur di Note dan lebih penting lagi mereka adalah konsumen Samsung yang loyal," kata analis senior IDC, Xiaohan Tay.

Belum lagi saingan Xiaomi sesama vendor asal China juga banyak menelurkan phablet. Meski begitu, bukan berarti Mi Mix dan Mi Note 2 tidak akan diminati. Sebenarnya, harganya bisa dibilang terjangkau jika melihat speknya. "Mi Note 2 terlihat impresif dari spesifikasinya di atas kertas, dibandingkan dengan phablet flagship lain," pungkas Xiaohan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top