Man. United vs Barcelona: Setan Merah Tanpa Tekanan, Blaugrana Dilarang Nyaman

Daniel
Daniel

Man. United vs Barcelona: Setan Merah Tanpa Tekanan, Blaugrana Dilarang Nyaman ManUtd.com

Winnetnews.com - Sudah 11 tahun lalu ketika sepakan roket Paul Scholes menembus jala gawang Barcelona yang dikawal oleh Victor Valdes. Satu-satunya gol United tersebut membawa mereka menang dan lolos ke babak final Liga Champions 2007-2008.

Kini segalanya telah berubah: pelatih dan skuad United benar-benar baru. Begitupun dengan Barcelona, kecuali Lionel Messi yang 18 tahun lalu juga sudah berada di Old Trafford dan menyaksikan kekalahan timnya dari Setan Merah.

Kondisi United saat ini jelang menghadapi Barca memang sedikit kurang maksimal. Bagaimana tidak, pasukan Ole Gunnar Solskjaer menelan tiga kekalahan dari lima laga terakhir yang dilakoni. Berbanding terbailk dengan Barca yang mencatatkan empat kemenangan di lima laga terakhir.

Meski demikian, bagaimana pun juga United tidak akan lempar handuk begitu saja. Atmosfer Liga Champions jelas berbeda dengan liga domestik. Hal itu pula disadari oleh kubu tim tamu, kendati United merupakan underdog di laga ini, Barca tidak mau meremehkan lawan.

“Anda tidak bisa membiarkan Manchester United hidup. Jika Anda bisa mengalahkan mereka dengan mencetak banyak gol, maka Anda harus melakukannya,” kata Gerard Pique mengutip Guardian. “Mereka adalah tim yang besar dengan sejarah yang luar biasa. Mereka sudah menunjukkannya pada saat leg kedua menghadapi Paris.”

Lima Pertemuan Terakhir

25 November 1998 – Barcelona 3-3 Man. United

23 April 2008 – Barcelona 0-0 Man. United

29 April 2008 – Man. United 1-0 Barcelona

27 Mei 2009 – Barcelona 2-0 Man. United

28 Mei 2009 – Barcelona 3-1 Man. United

Bukan tugas mudah kendati bermain di depan pendukung sendiri. Namun Chris Smalling siap untuk memberikan yang terbaik pada laga nanti. “Kami cukup beruntung musim ini bisa berhadapan dengan Ronaldo, Mbappe, dan kini Messi. Saya rasa kami semua siap menghadapi tantangan ini,” ujar Smalling seperti dikutip dari laman resmi klub.

Sejauh Liga Champions musim ini Barcelona tampil trengginas ketika sowan ke kandang lawan. Delapan gol berhasil dicetak oleh Barca di laga tandang, dan hingga kini Barca sama sekali belum mencicipi kekalahan. Laga tandang terakhir Barca bermain 0-0 melawan Olympique Lyon di babak 16 besar.

Rekor United sendiri di laga kandang di Liga Champions cukup memprihatinkan. Empat laga kandang yang dilakoni sejauh ini, Anthony Martial dan kawan-kawan hanya mencetak satu gol saja yakni ketika menang 1-0 atas Young Boys di laga penyisihan grup. Pasukan Manchester Merah bahkan takluk di laga kandang terakhir mereka ketika melawan Paris Saint Germain.

“Saya rasa mood-nya berbeda jika dibandingkan laga kandang melawan PSG. Pada saat itu kami sudah memenangkan banyak pertandingan sebelumnya. Kami banyak belajar dari pertandingan kandang tersebut,” kata Solskjaer. Pertandingan Manchester United vs Barcelona bakal dilangsungkan pada Kamis 11 April 2019 pukul 02.00 dini hari WIB.

Prakiraan Formasi

Manchester United: De Gea, Young, Smalling, Lindelof, Shaw, Fred, McTominay, Pogba, Lingard, Rashford, Lukaku.

Barcelona: Ter Stegen, Roberto, Pique, Lenglet, Alba, Rakitic, Busquets, Vidal, Messi, Suarez, Coutinho.

Apa Reaksi Kamu?