Mana yang Bermanfaat? Bagian Kuningnya atau Putihnya?
ilustrasi

Mana yang Bermanfaat? Bagian Kuningnya atau Putihnya?

Senin, 13 Jan 2020 | 07:09 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kita tentu pernah melihat orang yang hanya mau makan putih telurnya saja. Dia menyebut kuning telur kurang baik bagi kesehatan meski rasanya cenderung lebih nikmat. Sebenarnya, sebaiknya kita makan seluruh bagian telur secara utuh atau bagian putih telurnya saja?

Tips Makan Telur

Nilai gizi yang ada di dalam telur bisa bervariasi bergantung pada dari hewan mana telur ini dihasilkan. Selain itu, jika kita hanya mengonsumsi bagian putih telur atau kuning telurnya saja, tentu akan mendapatkan nutrisi yang berbeda jika dibandingkan dengan mengonsumsi telur secara utuh.

Sebagai informasi, bagian putih telur yang menyelubungi kuning telur sebenarnya terdiri dari air sebanyak 90 persen dan protein sebanyak 10 persen. Di dalamnya, hanya terdapat kandungan vitamin, protein, dan kalori dalam kadar yang rendah. Hanya saja, jika kita mengonsumsi telur secara utuh, akan mendapatkan berbagai nutrisi secara lengkap seperti vitamin, mineral, protein, kalori, dan lain-lain.

Protein di dalam putih telur cenderung memiliki kualitas tinggi karena dilengkapi dengan 9 jenis asam amino esensial yang baik bagi kesehatan. Hal ini berarti, jika kita ingin mendapatkan asupan protein namun ingin membatasi asupan kalori, makan putih telur saja bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Meskipun begitu, makan telur secara utuh juga akan memberian keuntungan tersendiri, yakni mendapatkan rasa kenyang. Meski memiliki kadar kalori lebih banyak dibandingkan dengan putih telur saja, telur utuh sebenarnya tidak memberikan dampak yang besar bagi asupan kalori harian sehingga masih dianggap aman bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Kadar nutrisinya yang lengkap juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bagi sebagian orang yang berprofesi sebagai atlet atau binaragawan yang membutuhkan asupan protein tinggi, konsumsi putih telur bisa dijadikan pilihan yang baik. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut orang biasa sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mengonsumsi telur secara utuh saja asalkan diolah dengan tepat dan porsinya tidak terlalu banyak.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...