Mana yang Lebih Aman? Headset atau Headphone?
ilustrasi

Mana yang Lebih Aman? Headset atau Headphone?

Jumat, 7 Jun 2019 | 14:01 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Tahukah Anda bahwa memilih antara headphone atau headset untuk mendengarkan lagu sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda? Jika dilihat dari kualitas suara, keduanya sama-sama memiliki keistimewaan masing-masing. Nah, kalau dipilih dari segi kesehatan, manakah yang lebih baik, menggunakan headphone atau headset?

Headphone mempunyai kualitas suara yang lebih baik

image0

Menurut World Health Organization, 50% pendengaran orang dewasa beresiko turun akibat dari penggunaan headphone untuk mendengarkan musik. Selain itu, CDC atau setara dengan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengungkapkan bahwa terdapat 5.2 juta orang yang menderita gangguan pendengaran akibat suara bising.

Kisaran umur penderitanya adalah 6-19 tahun. Di sisi lain, penderita pada usia 20-69 tahun mencapai 26 juta. Tentu saja hal ini sangat meresahkan.

Walaupun lebih nyaman mendengarkan musik dengan headphone, ternyata terdapat bahaya yang mengintai Anda jika tidak digunakan dengan benar.

Jika Anda mendengarkan suara atau musik yang terlalu keras ke telinga Anda, rambut-rambut kecil yang ada di telinga dapat terbunuh. Nah, matinya rambut-rambut kecil yang bertugas untuk mengirimkan sinyal suara ke otak Anda ini bisa membuat Anda kehilangan pendengaran.

Di sisi lain, penggunaan headphone ternyata lebih baik dibandingkan headset. Headphone melakukan tugasnya memblokir suara dari luar dengan baik. Hal tersebut tentu membuat Anda mendengarkan lagu dengan suara yang lebih kecil ketimbang saat memakai headset.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih headphone berkualitas tinggi agar resiko gangguan pendengaran dapat berkurang. Nah, jika ditanya lagi manakah yang lebih baik antara headphone atau headset dari segi suara, jelas jawabannya adalah headphone.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...