Mana yang Lebih Sehat, Matcha atau Teh Hijau?

Rusmanto

Dipublikasikan 3 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Mana yang Lebih Sehat, Matcha atau Teh Hijau?
ilustrasi
Winnetnews.com - Anda pasti sudah sering mendengar bahwa teh hijau alias green tea memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menurunkan berat badan. Tak heran, orang-orang mulai beralih ke teh hijau. Namun, setelah teh hijau ramai diperbincangkan, akhir-akhir ini matcha mulai menarik perhatian. Berbeda dengan teh hijau yang biasanya tersedia dalam bentuk daun yang diseduh, matcha biasanya hadir dalam bentuk bubuk. Yang menjadi pertanyaan, apakah matcha sama dengan teh hijau? Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai matcha vs teh hijau.

Matcha vs teh hijau, apa bedanya?

Kedua minuman ini sebenarnya berasal dari tanaman yang sama, yaitu Camellia sinensis, yang berasal dari Cina. Meskipun tanamannya sama, yang membuat keduanya berbeda adalah cara memproses dan menanamnya. Pembuatan matcha memang sengaja dipersiapkan secara berbeda. 

Tanaman teh ditutup sekitar 20-30 hari sebelum dipanen, untuk menghindari sinar matahari langsung. Akibatnya, daun teh menjadi berwarna lebih gelap, dan ini dapat meningkatkan produksi asam amino akibat banyaknya klorofil yang terdapat pada daun yang gelap.

Setelah melalui proses panen, batang dan urat halus dipisahkan dari daun. Keduanya ditumbuk dengan batu sampai halus, dan menjadi bubuk hijau terang. Karena prosesnya inilah, substansi pada matcha lebih tinggi dibandingkan dengan teh hijau biasa. 

Berbeda dengan teh hijau biasa, daun teh pada matcha dikeringkan dalam jangka waktu yang sebentar, untuk menjaga warna hijaunya. Karena daun tehnya ditumbuk, dan bukan hanya diseduh daunnya, jika Anda meminum matcha, ini artinya Anda meminum keseluruhan kandungan yang ada dalam daun teh.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...