Mana yang Lebih Sehat? Susu atau Yogurt?

Rusmanto
Rusmanto

Mana yang Lebih Sehat? Susu atau Yogurt? ilustrasi
Winnetnews.com -  Susu dan yogurt adalah dua minuman poipuler yang dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Meski terbuat dari bahan yang sama, keduanya memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Bila dilihat nutrisinya, mana yang lebih sehat untuk tubuh? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Nutrisi susu dan yogurt

Susu merupakan hasil perahan binatang ternak, umumnya sapi atau kambing. Meski begitu, minuman yang umumnya berwarna putih ini bisa juga berasal dari tumbuhan, seperti kacang kedelai atau almond. Sementara itu, yogurt merupakan susu yang kemudian difermentasikan dengan ditambahkan bakteri baik.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, susu sapi segar mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, natrium, vitamin A, B, C, dan D. Semua kandungan nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi serta menjaga tekanan darah tetap normal.

Kandungan nutrisi yogurt tidak berbeda jauh dengan susu sapi, yakni kalsium, zat besi, dan beragam vitamin A, B, C, serta D. Namun, yogurt diperkaya juga dengan probiotik atau bakteri baik yang hidup di sistem pencernaan. Untuk itulah, yogurt sangat menyehatkan sistem pencernaan dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Apa Reaksi Kamu?