Mana yang Paling Jago Mengenal Wajah? Pria atau Wanita?
Foto: Pexels

Mana yang Paling Jago Mengenal Wajah? Pria atau Wanita?

Jumat, 12 Mei 2017 | 14:35 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Lupa wajah seseorang memang wajar. Apalagi ketika sudah lama tak bertemu. Belum lagi lupa wajah seseorang ketika melihat wajah yang mirip. Tapi antara wanita dan pria, mana yang lebih baik dalam mengenal wajah?

Jawabannya adalah pria. Sebenarnya, para periset menemukan baik wanita maupun pria memiliki kemampuan luar biasa untuk membedakan satu wajah dari wajah lainnya.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di eNeuro, psikolog Penn State menggunakan tes perilaku dan pemindaian otak untuk menentukan apakah jenis kelamin biologis mempengaruhi pengenalan wajah.

"Ada kepercayaan umum bahwa wanita dapat mengenali wajah dengan lebih akurat dan mendeteksi ekspresi wajah lebih baik daripada pria, namun setelah melihat melalui penelitian ilmiah sebelumnya, kepercayaan ini" tidak begitu jelas, "kata penulis studi Suzy Scherf, seperti dikutip dari Medical daily.

"Saya menuju ke pekerjaan ini sepenuhnya, mengharapkan untuk melihat efek jenis kelamin biologis pada bagian pengamat dalam pengenalan wajah, dan kami tidak menemukannya. Dan kami terlihat sangat serius, "kata Scherf.

Dalam percobaan mereka, Scherf dan rekan-rekannya menggunakan tugas pengenalan wajah yang disebut Tes Memori Wajah Cambridge, yang mengukur apakah Anda dapat mengidentifikasi dan mengenali wajah laki-laki dari barisan tiga wajah. Jika Anda penasaran betapa berbakatnya Anda (atau tidak) saat mengenali wajah, Anda dapat mengikuti tes di sini. Para periset juga menciptakan versi tes mereka sendiri yang menampilkan wajah wanita. Mereka melakukan ini dengan harapan bisa mencegah "bias gender sendiri", yang merupakan keyakinan bahwa wanita mengenali perempuan lebih banyak daripada wajah laki-laki.

Para peneliti kemudian melakukan tes kedua dengan menggunakan neuroimaging. Para peserta 'menjalani pemindaian otak di mesin MRI saat mereka sedang menonton serangkaian video pendek wajah asing, wajah terkenal, objek umum, dan pemandangan navigasi. Terakhir, dalam ujian akhir, mereka mengenali wajah-wajah tertentu.

Setelah meninjau semua pemindaian otak, para ilmuwan menemukan bahwa aktivitas saraf di daerah otak yang dikenal dengan pengenalan wajah secara statistik identik di antara pria dan wanita.

Scherf mencatat bahwa mengenali wajah sama pentingnya bagi kedua jenis kelamin, karena ini adalah aspek kunci dari interaksi sosial. Sekilas, manusia secara alami mulai membuat banyak asumsi.

"Dalam 30 milidetik melihat wajah, kamu bisa mengetahui usia, jenis kelamin, apakah kamu mengenal orang tersebut atau tidak, apakah orang itu dapat dipercaya, apakah mereka kompeten, atraktif, ramah, peduli, kita bisa membuat kategorisasi. Di wajah yang menghadapinya, "kata Scherf.

Semua peserta yang berpartisipasi dalam penelitian ini diputar untuk memastikan bahwa mereka atau kerabat tingkat pertama mereka tidak memiliki riwayat gangguan medis tertentu.

"Ini penting karena di hampir semua gangguan afektif - depresi, kecemasan, skizofrenia, proses bipolar - face yang terganggu," kata Scherf.

Peserta dengan gegar otak juga terdiskusi dari penelitian karena jenis cedera otak ini dapat mempengaruhi fungsi otak.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...