Mana yang Tinggi Purin? Entok atau Bebek?

Rusmanto
Rusmanto

Mana yang Tinggi Purin? Entok atau Bebek? ilustrasi
Winnetnews.com -  Popularitas daging entok memang tidak setinggi jenis unggas lainnya, tapi makanan yang satu ini juga banyak dikonsumsi karena cita rasanya tidak jauh dengan daging bebek. Namun, tak sedikit pula yang memutuskan menjauhi daging entok karena menganggapnya sebagai penyebab asam urat (gout arthritis).

Daging entok dan hubungannya dengan asam urat

Walaupun penampilannya mirip daging bebek, daging entok sebenarnya punya karakteristik yang unik. Daging entok lebih mudah terurai, tak seperti daging unggas lainnya yang memiliki banyak serat.

Daging entok segar tampak berwarna kemerahan gelap, sedangkan kulitnya berwarna cerah seperti kulit ayam. Setelah dimasak, tekstur daging entok cenderung lebih cepat mengering, tapi rasanya tidak banyak berubah.

Kandungan nutrisi daging entok juga berbeda dengan daging unggas pada umumnya. Contohnya, daging entok mengandung 19% lemak, lebih rendah dibandingkan bebek yang mengandung lemak hampir sebanyak 29%.

Persamaan daging entok dengan daging unggas lainnya justru ada dalam kandungan purin. Purin dalam daging entok merupakan senyawa yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Tubuh Anda sebenarnya dapat menguraikan asam urat dan membuangnya melalui urin. Namun, asam urat yang berlebih akan membentuk kristal. Kristal asam urat kemudian menumpuk pada persendian dan jaringan ikat.

Daging entok dan angsa termasuk makanan tinggi purin, sedangkan ayam dan bebek mengandung purin dalam jumlah sedang.

Meskipun tidak menjadi penyebab langsung, Anda sebaiknya menghindari konsumsi daging entok bila menderita penyakit asam urat.

Apa Reaksi Kamu?