Manfaat Bagi Kamu yang Rajin Mandi Pagi dengan Air Dingin
Foto: Pexels

Manfaat Bagi Kamu yang Rajin Mandi Pagi dengan Air Dingin

Sabtu, 27 Mei 2017 | 10:26 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Mandi pagi memang sulit dilakukan. Rasa malas dan mengantuk masih menyelimuti pikiranmu. Belum lagi hawa dingin, yang bikin tambah malas. Tapi kalau kamu selalu mandi pagi, banyak manfaat yang akan kamu dapatkan,

Air dingin di pagi hari bisa bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dan kalau kamu ingin mengurangi berat badan, kamu dianjurkan untuk mandi pagi dengan air dingin guys!

1. Ini lebih baik dari pada kafein

Kamu tahu bagaimana mandi air hangat bisa membuatmu mengantuk? Mandi air dingin pada dasarnya melakukan sebaliknya. Itu karena sengatan suhu meningkatkan denyut jantung tubuhmu, yang bisa melepaskan aliran darah ke seluruh tubuh. Jika kamu mandi pagi dengan air dingin, ini biasa disebut dengan ledakan dingin, yang cepat dapat meningkatkan kewaspadaan, kata para ahli. Sama seperti kamu meminum segelas espresso.

2. Kamu mungkin akan menurunkan berat badan

Saat kita kedinginan, lemak baik (lemak coklat) diaktifkan dan membakar kalori agar tetap hangat. Berapa kalori? Tidak jelas, tapi satu studi Skandinavia menemukan bahwa paparan suhu dingin meningkatkan tingkat metabolisme lemak coklat 15 kali lipat, yang bisa membantu menurunkan sembilan kilogram dalam setahun.

3. Baik untuk rambut dan kulitmu

Air dingin bisa meredakan kemerahan di kulit, mengurangi bengkak dan menutup pori-pori untuk mengunci kelembaban. Manfaat mandi air dingin, kulit terasa sejuk dan rambut mengkilap pasti ada dua hal yang bisa kita dapatkan.

4. Kamu mungkin merasa lebih bahagia

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medical Hypotheses menemukan bahwa mandi air hangat dua sampai tiga menit (seperti, 68 derajat ) Selama dua minggu meningkatkan mood para peserta. Periset bahkan menyarankan agar mandi dingin bisa digunakan sebagai pengobatan depresi.

5. Ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu

Bukan menjadi sakit, mandi air dingin malah bikin tubuhmu semakin kebal dari penyakit. Satu studi di Universitas Virginia Commonwealth benar-benar menemukan bahwa mandi dingin bisa meningkatkan jumlah sel darah putih yang melawan penyakit. Ini mendukung penelitian dari sebuah penelitian Jerman sebelumnya yang menemukan bahwa orang-orang yang mandi selama dua menit di air dingin, bisa meredakan pilek daripada mereka yang mandi air panas.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...