Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Mental
Foto: Unsplash/NeONBRAND

Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Mental

Minggu, 12 Apr 2020 | 17:00 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Pepohonan yang hijau, selain dapat membuat suasana sebuah tempat menjadi lebih asri, tapi juga dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan mental. Seorang terapis mengatakan kita tidak memerlukan halaman yang luas ataupun ladang sayuran, sebuah tanaman kecil pun juga dapat meningkatkan kesehatan mental kita.

“Bekerja dengan tanah adalah kegiatan yang sangat terpusat yang dapat membantu menghabiskan waktu, dan menyiram juga merupakan praktek meditasi yang sangat efektif,” kata psikolog Dr Gregory Nawalanic Pys.D., asisten klnikal professor di University of Kansas, dikutip dari Bustle.

Kegiatan menanam menurutnya juga memberikan pengutan positif yang cukup instan. Pasalnya, kita dapat merasa telah mengendalikan lingkungan. Selain itu, seseorang juga memberikan respon positif terhadap area hijau, baik itu di luar atau dalam ruangan.

Manfaat berkebun bagi kesehatan mental
Manfaat berkebun bagi kesehatan mental

Sebuah riset menunjukkan bahwa berada di tempat terbuka yang hijau meringankan gejala anxiety, depresi, dan masalah suasana hati yang lainnya. Begitu pula dengan tanaman di dalam ruangan, yang dapat membuat kita merasa lebih terhubung. Diketahui, melihat sesuatu yang alami dapat membuat otak memproduksi lebih banyak serotonin, yang membuat seseorang jadi lebih tenang.

Tak hanya bisa meningkatkan suasana hati, namun juga dapat membuat kita keluar dari situasi yang ada saat ini, serta memaksa kita untuk fokus pada sesuatu yang berbeda.

"Mampu melarikan diri dengan berkebun dapat memberikan istirahat stres yang sangat dibutuhkan, dan kesempatan bagi bagian otak kita yang lebih kreatif untuk ikut bermain," psikolog klinis Dr. Joshua Klapow Ph.D.

Seorang terapis bernama Heidi McBain mengatakan bahwa saat ini penting untuk menyanyangi diri sendiri. Menjadi kreatif dan menambah kegiatan baru dapat membawa hal positif kepada diri kita.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...