Manfaat dan Bahayanya Mengonsumsi Saus Tomat

Rusmanto
Rusmanto

Manfaat dan Bahayanya Mengonsumsi Saus Tomat ilustrasi
Winnetnews.com - Kebanyakan masyarakat Indonesia lebih terbiasa mengonsumsi sambal alih-alih mengonsumsi saus tomat. Hanya saja, belakangan ini ada anggapan yang menyebut makan saus tomat bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker. Apakah anggapan ini memang sesuai dengan fakta kesehatan?

Kaitan Antara Saus Tomat dengan Risiko Kanker

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan di Universidad Politecnica de Valencia, Spanyol, dihasilkan fakta menarik tentang konsumsi saus tomat yang memang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa ekstrak tomat memang bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker dengan signifikan.

Para peneliti menyhebut ekstrak tomat bisa membuat jumlah bakteri baik di dalam usus meningkat dengan signifikan. Saus tomat juga terbukti mampu memberikan manfaat layaknya makanan probiotik. Bahkan, pakar kesehatan menyebut manfaat kesehatan dari saus tomat yang sudah diolah jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan mengonsumsi tomat yang masih mentah.

Kandungan antioksidan di dalam saus tomat yang sangat tinggi ternyata bisa memberikan perlindungan bagi sel-sel tubuh, khususnya yang ada di dalam saluran pencernaan. Kandungan likopen yang ada di dalam tomat juga akan membuat jumlah bakteri baik yang berpengaruh besar bagi sistem imun tubuh semakin meningkat.

Penelitian ini juga mengungkap fakta bahwa saus tomat bisa membantu melawan perkembangan sel kanker, khususnya kanker lambung. Hal ini berarti, rutin mengonsumsi saus tomat memang terbukti bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker dengan efektif.

Apa Reaksi Kamu?