Manfaat Daun Mint, Kurangi Sakit Perut Hingga Cegah Kanker

Liani
Kamis, 30 Juli 2015 10:05 WIB
Oleh Liani pada Kamis, 30 Juli 2015 10:05 WIB
Image Manfaat Daun Mint, Kurangi Sakit Perut Hingga Cegah Kanker

Meski telah dikonsumsi selama ratusan tahun, tak banyak yang tahu manfaat tanaman mint bagi kesehatan. Padahal di negara maju, tanaman ini kerap dijadikan bahan makanan entah sekadar menyegarkan mulut atau mencegah sejumlah penyakit.

Seperti dimuat laman Prevention, Jumat (24/7/2015), studi yang dilakukan pada 2012 menemukan, daun mint dapat mengurangi risiko kanker prostat dan kanker hati karena senyawa peryllyl, karotenoid dan retinoid di dalamnya.

Senyawa lain seperti asam rosmarinic dapat menangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan dan mengurangi gejala alergi. Tes laboratorium juga menunjukkan, minyak peppermint dapat meningkatkan efektivitas obat.

Dalam sehari-hari, mint dapat meringankan masalah pencernaan, menenangkan kram dan gas dalam perut terutama pada orang dengan sindrom iritasi usus besar.

"Mint adalah tanaman terbaik yang bisa Anda konsumsi dan kombinasikan untuk mendapat manfaat kesehatan," kata penulis buku Backyard Pharmacy, Ellizabeth Millard.

Pada musim semi, kata dia, menanamnya di pekarangan rumah dapat menambah nilai kesehatan bagi keluarga. Tempatkan mint dengan tepat agar cukup terkena sinar matahari.

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Del Piero Makan Nasi Goreng di Rumah Sihar Sitorus

Reaksi Kamu